5 Penyebab Lidah Anda Terasa Pahit, Simak Cara Mengatasinya

5 Penyebab Lidah Anda Terasa Pahit, Simak Cara Mengatasinya

Penyebab lidah anda terasa pahit--Freepik

Sisa obat-obatan tertentu yang telah diserap oleh tubuh bisa dilepaskan ke dalam air liur, sehingga menyebabkan lidah terasa pahit. Jenis obat-obatan dan suplemen yang dapat menyebabkan lidah terasa pahit adalah antibiotik, obat jantung, dan suplemen yang mengandung besi, kromium, atau tembaga.

5. Penyakit asam lambung

GERD atau penyakit asam lambung adalah kondisi naiknya asam lambung dari perut ke kerongkongan, bahkan hingga ke mulut. Kondisi ini bisa menyebabkan mulut terasa asam atau pahit.

BACA JUGA:Dean Henderson Kecewa pada Manchester United, Sungguh Ini Tindakan Kriminal!

Penyakit asam lambung umumnya dipicu oleh beberapa hal, seperti kebiasaan merokok, konsumsi kopi atau minuman beralkohol dan makanan berlemak secara berlebihan, serta efek dari konsumsi obat-obatan misalnya aspirin.

Berikut cara mengatasi jika lidah anda terasa pahit.

Lidah terasa pahit umumnya dapat membaik, bahkan hilang dengan sendirinya, setelah penyebabnya teratasi. Meski begitu, agar rasa pahit di lidah bisa segera membaik, ada beberapa cara yang dapat Anda coba lakukan, yaitu:

-Memenuhi kebutuhan cairan untuk meningkatkan produksi air liur, dengan mengonsumsi 8 gelas air putih setiap harinya

-Mengunyah permen karet bebas gula untuk merangsang produksi air liur

BACA JUGA:Pemilik Lahan Bilang Orang Dalam yang Bocorkan Lokasi Timbunan Beras, JNE dan Rudi Samin Cekcok

-Menjaga kebersihan gigi dengan menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari dan melakukan flossing setidaknya 1 kali setiap hari

-Berkumur menggunakan larutan garam atau obat kumur

-Menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung, seperti merokok, mengonsumsi makanan pedas atau berlemak, dan mengonsumsi minuman beralkohol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait