5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan dengan Secara Alami, Catat juga Penyebab dan Pencegahannya

5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan dengan Secara Alami, Catat juga Penyebab dan Pencegahannya

5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan dengan Secara Alami--Freepik/wayhomestudio

3. Minum teh hitam hangat

Secangkir teh hitam hangat juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Teh hitam mengandung senyawa tanin yang bermanfaat untuk meredakan pembengkakan, sehingga mengurangi ketidaknyamanan saat sakit tenggorokan.

Sebisa mungkin jangan gunakan air panas karena dapat memicu iritasi tenggorokan dan justru membuat rasa sakit bertambah parah.

BACA JUGA:Ferdy Sambo dan Istri Sempat Rayakan Ini Sebelum Brigadir J Tewas, Komnas HAM Ungkap Fakta: Intinya...

4. Kumur dengan larutan baking soda

Berkumur dengan larutan baking soda yang dicampur sedikit garam juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Cara ini dipercaya mampu membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur di mulut maupun tenggorokan.

Cara membuat larutan baking soda cukup dengan mencampurkan 1 gelas air hangat, ¼ sendok teh baking soda, dan sejumput garam. Berkumurlah selama beberapa menit dan ulangi setiap 3 jam sekali.

5. Konsumsi obat-obatan medis

Bila berbagai cara alami di atas tidak efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan yang dialami, penggunaan obat medis pun bisa menjadi pilihan. 

Namun, penggunaannya perlu disesuaikan dengan penyebabnya sehingga sering kali memerlukan pemeriksaan dokter lebih dulu.

BACA JUGA:Sepekan Dikubur, Makam Warga Cirebon Dibongkar, Diduga Ada Kejanggalan Mati Secara Tak Wajar

Jika penyebabnya infeksi bakteri, dokter akan memberikan antibiotik. 

Namun bila sakit tenggorokan disebabkan oleh alergi, dokter akan meresepkan antihistamin untuk meredakan peradangan di tenggorokan.

Gejala dan Penyebab Sakit Tenggorokan

Saat mengalami sakit tenggorokan, seseorang bisa merasakan keluhan berupa rasa tidak nyaman, nyeri kering dan gatal di tenggorokan, napas berbau tidak sedap, batuk ringan, kesulitan menelan, pembengkakan kelenjar leher, serta suara serak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: