Kemah Merdeka Toleransi Disambut Antusias Pelajar, Kapolda Sulsel Minta Jadi Ajang Tahunan

Kemah Merdeka Toleransi Disambut Antusias Pelajar, Kapolda Sulsel Minta Jadi Ajang Tahunan

Pembukaan Kemah Merdeka Toleransi di Gowa, Sulawesi Selatan. -kemenag RI-

GOWA, DISWAY.ID-- Pelajar sekolah dan madrasah perwakilan kota/kabupaten se-Sulawesi Selatan (Sulsel) antusias mengikuti Kemah Merdeka Toleransi.

Rangkaian kegiatan dalam ajang perkemahan yang digelar Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan tersebut berlangsung hikmat.

Ajang ini menjadi bagian dari rangkaian Pekan Merdeka Toleransi Sulsel Tahun 2022 yang mengusung tema "Merdeka dalam Keberagaman, Toleran dalam Perbedaan".

BACA JUGA:Pidato di Sidang Tahunan MPR RI, Presiden Jokowi Kenakan Busana Asal Bangka Belitung

Sebelumnya, telah diadakan Dialog Kerukunan Lintas Agama dan Pementasan Sendratari Bhineka Tunggal Ika. 

Kemah Merdeka Toleransi berlangsung tiga hari pada 15 - 17 Agustus 2022, di Pondok Pesantren Darul Ulum Pakkatto, Kabupaten Gowa, Sulsel.

Antusiasme ajang kemah disambut siswa siswi lintas agama dan budaya yang berasal dari sekolah dan madrasah perwakilan Kabupaten/Kota se- Sulsel. Ikut juga, pengurus FKUB dan Majelis Lintas Agama se Sulsel.

Kemah Merdeka Toleransi dibuka oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol H Nana Sudjana.

Pembukaan ditandai dengan penabuhan Gendang oleh Kapolda bersama Bupati Gowa, Ketua DPRD Sulsel, Kakanwil Kemenag Sulsel serta Kaban Kesbangpol Pemprov Sulsel. Setelah itu, dilakukan pelepasan balon berwarna warni ke udara secara bersama.

BACA JUGA:Komjen Agus Andrianto Ternyata Punya Alasan Ini Sampai Tak Umumkan Motif Kasus Ferdy Sambo

Selain ribuan peserta, hadir juga Ketua dan Pengurus FKUB Sulsel, para Pimpinan Majelis Agama Sulsel, serta Kakankemenag Kabupaten Kota se-Sulsel.

Seperti dilansir dari laman resmi Kemenag RI, Kapolda Sulsel mengapresiasi dan mendukung Kemah Merdeka Toleransi. Menurutnya, helat ini sejalan dengan semangat Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Saya apresiasi event ini. Sebab sarat dengan pesan persatuan, yang menjadi nilai perekat bagi seluruh kekayaan heterogenitas yang dimiliki bangsa Indonesia. Karenanya, saya berharap event dan kegiatan seperti ini terus digalakkan dan dilanjutkan setiap tahunnya," ucap Irjen Nana Sudjana di Gowa, Senin 15 Agustus 2022.

Hal senada disampaikan Bupati Gowa Adnan Purichta Yasin Limpo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: