Ada Campur Tangan Politik, FIFA Bekukan Sepak Bola India

Ada Campur Tangan Politik, FIFA Bekukan Sepak Bola India

Dewan FIFA sepakat untuk bekukan sepak bola india karena dikelola oleh pihak ketiga yang mana ini melanggar statuta FIFA. --FIFA.com

JAKARTA, DISWAY.ID- Federation Internationale de Football Association (FIFA) menangguhkan keanggotaan Federasi Sepak Bola India (AIFF). Penangguhan ini dilakukan karena AIFF melanggar statuta FIFA.

Kepastian itu diumumkan resmi FIFA lewat situs mereka fifa.com bahwa Fifa membekukan AIFF dengan adanya campur tangan pihak ketiga.

“Biro Dewan FIFA dengan suara bulat memutuskan untuk menangguhkan Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF) dengan segera karena pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga, yang merupakan pelanggaran serius terhadap Statuta FIFA," jelas FIFA dalam keterangan resminya, Selasa 16 Agustus 2022.

Sepak Bola India saat ini dijalankan oleh pihak ketiga yaitu komite administrator dan Statuta FIFA  mengatur sebuah jabatan di federasi harus terbebas dari politik.

BACA JUGA:Pusat Pelatihan Sepak Bola Bakal Dibangun di IKN

BACA JUGA:Vietnam vs Thailand ‘Mainkan Sabun’ di Piala AFF U19 2022, Shin: HTH Sudah Tak Dipakai FIFA dan AFC

“Penangguhan akan dicabut setelah perintah untuk membentuk komite administrator untuk mengambil alih kekuasaan Komite Eksekutif AIFF telah dicabut dan administrasi AIFF mendapatkan kembali kendali penuh atas urusan sehari-hari AIFF."

Sanksi ini berakibat pada penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2022 di India sebagai tuan rumahnya. Padahal penyelenggaraan ini sebelumnya sudah dituna karena adanya pandemi Covid-19 Namun, harus tertunda lagi karena Fifa memberikan sanksi kepada AIFF.

“Penangguhan tersebut berarti bahwa Piala Dunia Wanita U-17 FIFA 2022™, yang dijadwalkan berlangsung di India pada 11-30 Oktober 2022, saat ini tidak dapat diadakan di India seperti yang direncanakan,” tulis keterangan dari laman resmi FIFA.

BACA JUGA:FIFA Match Day: Bangladesh Akui Timnas Indonesia Jadi Lawan Berat

Bukan hanya Timnasnya, sanksi ini berimbas juga ke klub dari Sepakbola India yang tidak bisa berkompetisi di ajang Internasional musim ini. 

Salah satunya ATK Mohun Bagan yang kemungkinan besar tidak bisa melanjutkan perjalanannya di AFC CUP 2022.

Ini harus dibenahi dari AIFF, agar tidak berimbas kepada klub dan Timnas India yang akan berajang di laga Internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: