Vietnam vs Thailand ‘Mainkan Sabun’ di Piala AFF U19 2022, Shin: HTH Sudah Tak Dipakai FIFA dan AFC

Vietnam vs Thailand ‘Mainkan Sabun’ di Piala AFF U19 2022, Shin: HTH Sudah Tak Dipakai FIFA dan AFC

Pelatih Kepal Timnas Indonesia Shin Tae-yong.-PSSI-disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Tudingan mendasar dilancarkan Pelatih Kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong kepada Timnas Vietnam dan Thailand termasuk AFF yang dinilai tidak profesional karena menerapkan mini head to head.

Pelatih asal Korea Selatan itu menilai Pantia AFF U19 terlalu fatal menerapkan metode head-to-head untuk menjadi tie breaker dalam sebuah kompetisi saat ini.

“Di situasi ini, head-to-head (HTH) sudah tak dipakai oleh FIFA dan AFC. Tapi memang sedikit aneh regulasi ini masih dipakai oleh AFF,” jelas Shin Tae-yong usai pertandingan Timnas Indonesia vs Myanmar yang berkesudahan 5-1 di Stadion Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu 10 Juli 2022.

Sungguh aneh, kata Shin Tae-yong sekelas AFF menerapkan pola lama yang sangat merugikan tim peserta Piala AFF U19.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Gagal Lolos ke Semifinal Piala AFF U19, Meski Menang Lawan Myanmar, Ini Aturannya  

“Aneh regulasi yang dipakai AFF untuk menentukan kelolosan di Piala AFF U-19 adalah head to head. Juara group dalam satu kompetisi sangat ditentukan jumlah poin, selanjutnya selisih gol, itu sesungguhnya head to head, ini situasi yang tidak mengenakan sekali, FIFA dan AFC tidak memakai sistem ini,” tandas pria berusia 51 tahun itu. 

Serangan Shin Tae-yong juga tak hanya ditunjukan kepada AFF, dirinya menyebut Vietnam dan Thailand takut dengan timnas Indonesia U-19 usai keduanya dianggap 'main sabun' di partai pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022.

Vietnam dan Thailand sendiri sudah merasakan pertahanan Timnas Indonesia yang sulit dibobol. Bahkan Ronaldo Cs begitu produktif dari sisi gol. 

Hasil akumulasi dari 5 laga yang dilakoni, Garuda Muda mengantongi 17 gol dan cuma 2 gol kemasukan. Kondisi ini berbeda dibandingkan Vietnam yang mengemas 12 gol dari seluruh laga, sementara Thailand hanya 7 gol juga dari seluruh laga.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Juara Group Tapi Tak Lolos ke Semifinal Piala AFF U19, Dear FIFA Ini Hitungan Aneh?  

Parahnya lagi, metode HTH yang diterapkan Panitia AFF U19 2022 pada saat kompetisi tengah berjalan. Keputusan itu diambil usai Indonesia melalap Filipina pada Jumat 8 Juli 2022 yang berkesudahan 5-1. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: