Timnas Indonesia Juara Group Tapi Tak Lolos ke Semifinal Piala AFF U19, Dear FIFA Ini Hitungan Aneh?

Timnas Indonesia Juara Group Tapi Tak Lolos ke Semifinal Piala AFF U19, Dear FIFA Ini Hitungan Aneh?

Hasil akhir klasemen dengan perhitungan normal sebelum terjadinya perubahan yang dilakukan di Piala AFF U19 2022. Indonesia seharusnya lolos jika tidak ada perubahan di tengah kompetisi sedang berjalan. -Foto: PSSI-disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Timnas Indonesia berhasil menjadi juara Group A Piala AFF 2022. Anehnya skuad Garuda Nusantara besutan Shin Tae-yong tidak lolos ke semifinal, padahal timnas paling produktif dibandingkan Vietnam apalagi Thailand.

Ya, keputusan head to head hasil pertandingan di group A benar-benar merugikan bagi Timnas Indonesia. Sebab laga Vietnam vs Thailand yang berkesudahan imbang 1-1 menjadi kunci tidak lolosnya Garuda Nusantara ke semifinal Piala AFF U19 2022.

Lho kok bisa? Sekali lagi dalam gelaran Piala AFF 19 menerapkan skema head to head. Meski poin tim peserta kompetisi sama dalam satu group, maka untuk mencari siapa yang berhak lolos dilihat dari jumlah gol.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Gagal Lolos ke Semifinal Piala AFF U19, Meski Menang Lawan Myanmar, Ini Aturannya  

Ilustrasinya begini: 

1. Vietnam vs  Indonesia = 0-0 (1 poin)

2. Indonesia vs Thailand = 0-0 (1 poin)

3. Vietnam vs Thailand = 1-1 (1 poin)

Nah, laga Vietman vs Thailand itulah yang menjadi rujukan panitia AFF 2022. Padahal poinnya sama yakni 1 (Hasil seri mendapatkan 1 poin, menang mendapatkan 3 poin).

BACA JUGA:Live Streaming Timnas Indonesia Vs Myanmar Hari Ini, Shin: Wajib Menang Kalau Mau Lolos Piala AFF U19 2022 

Vietnam dan Thailand lolos karena dinilai hasil akhir pertandingannya membuahkan gol (1-1). Meski pun secara poin sama, saat Indonesia bersua Thailand dan sebaliknya Indonesia bersua Vietman (1 poin).

Bagaimana jika hasil pertandingan Thailand vs Vietnam berkesudahan 0-0. Maka Timnas Indonesia yang berhak lolos. 

Mengapa? Karena Panitia Piala AFF 2022 akan mencari pemenangnya lewat jumlah gol keseluruhan group. Kebetulan Indonesia berhasil memasukan 17 gol dari 5 laga yang sudah dimainkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: