Timnas Indonesia Juara Group Tapi Tak Lolos ke Semifinal Piala AFF U19, Dear FIFA Ini Hitungan Aneh?

Timnas Indonesia Juara Group Tapi Tak Lolos ke Semifinal Piala AFF U19, Dear FIFA Ini Hitungan Aneh?

Hasil akhir klasemen dengan perhitungan normal sebelum terjadinya perubahan yang dilakukan di Piala AFF U19 2022. Indonesia seharusnya lolos jika tidak ada perubahan di tengah kompetisi sedang berjalan. -Foto: PSSI-disway.id

Karena, inti dari sebuah pertandingan adalah menang dan mencari gol sebanyak-banyaknya. Bukan mencari skenario hitam agar tim pesaingnya tidak lolos. 

“Jika benar aturan AFF U19 2022 ini merujuk aturan FIFA terbaru, maka harus disosialisasikan oleh PSSI atau lembaga terkait lainya. Saya baru tahu lho dengan aturan itu (head to head pertemuan tim),” imbuhnya.

“Anda bisa bayangkan, kalau panitia kompetisi tingkat kota, kabupaten, atau provinsi tidak tahu aturan head to head bisa kisruh. Karena yang dihitung sekarang berbeda dengan aturan lama. Head to head bukan jumlah selisih gol keseluruhan seperti sebelumnya, tapi head to head jumlah gol ketika tim poinnya sama,” tutur wanita jebolan Universitas Lampung itu.

Nitizen di jagat maya khususnya di twitter pun mendorong FIFA untuk mencermati laga Vietnam vs Thailand dengan munculnya kejanggalan yang ada.

“Sepak Bola Gajah akhirnya benar-benar diterapkan Thailand & Vietnam di Indonesia dan benar-benar membuat Indonesia tersungkur dgn status point' sama namun tersubur dlm goal. Peraturan yg aneh, kata Husor Suhutnihuta dengan aku @ucoycoe29.

“Tetep bangga dong ama Timnas U19 selama pertandingan cuma kebobolan 2 Gol, dgn koleksi point terbanyak. Meski pun peraturan AFF pakek h2h yg memutuskan mereka gaklolos It's Ok. Kalian udah menunjukkan pertandingan yg cukup memuaskan bagi kami. Gw doa Laos Juara," twit flying_ di akun @00beinghuman.

Sementara Timnas Indonesia sukses menekuk Myanmar dengan skor akhir 5-1. Secara jumlah poin secara hitungan normal, Timnas Indonesia berada di posisi teratas klasemen akhir group A.

Ini dapat kita lihat dari jumlah poin 5 pertandingan yang telah dilakukan di Group A termasuk jumlah selisih gol memasukan dan kemasukan.

Timnas Indonesia paling produktif di group ini. Total 17 gol dari 5 laga yang dimainkan.

Timnas Indonesia gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2022 meski menang menghadapi Myanmar yang saat ini tengah bermain dengan skor 5-1 pada laga yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu 7 Juli 2022.

Dengan pertandingan Vietnam Vs Thailand skor imbang 1-1, 2-2, atau lebih, sudah dipastikan Timnas Indonesia gagal lolos ke semifinal Piala AFF.

Keputusan ini merupakan aturan klasemen Piala AFF U19 tahun 2022 yang baru saja mengalami beberapa perubahan saat kompetisi sedang berjalan.

"Teruntuk sobat Garuda tercinta, Terima kasih banyak atas doa dan dukungan yang selalu diberikan kepada Garuda Nusantara. Dukunganmu selalu membakar semangat perjuangan para pemain. Terus dukung Garuda Nusantara berkembang dan melangkah maju!" twit PSSI di akun @PSSI. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: