Hingga Indonesia Merdeka, Jangan Lupakan Jasa Tokoh Tionghoa

Hingga Indonesia Merdeka, Jangan Lupakan Jasa Tokoh Tionghoa

Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) Tahun 2022 bersiap mengibarkan bendera di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 17 Agustus 2022. -Setpres/Laily Rachev-disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Hari ini, Rabu 17 Agustus 2022, rakyat Indonesia memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-77. Sebuah usia matang, berpengalaman dan mapan bagi negeri yang menganut demokrasi. 

Jelas bahwa Kemerdekaan bangsa ini bukan pemberian, tetapi perjuangan panjang yang dilakukan oleh para bapak bangsa dari semua etnis, golongan, dan agama yang ada di Indonesia.

Ini pun senada dengan penegasan Presiden Joko Widodo. Jangan ada lagi pembelahan terhadap etnis, golongan apalagi agama.

BACA JUGA:Presiden Jokowi: Saya Ingatkan Jangan Ada Lagi Politik Identitas dan Polarisasi Agama 

Ideologi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan patriotisme merupakan pilar utama yang telah dibangung oleh pejuang bangsa dari semua golongan. 

Adapun tahapan Pemilu yang berjalan dari tahun ke tahun mendukung proses demokrasi yang sejalan dengan marwah bangsa. Maka jangan ada lagi pembelahan baik sisi agama, maupun suku. 

“Saya ingatkan, jangan ada lagi politik identitas. Jangan ada lagi politisasi agama. Jangan ada lagi polarisasi sosial. Demokrasi kita harus semakin dewasa. Konsolidasi nasional harus diperkuat,” tegas Presiden Jokowi.

Penyampaian rasa terima kasih pun disampaikan Presiden Jokowi untuk ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh kebudayaan, yang berkontribusi besar memperkokoh fondasi kebangsaan, serta merawat persatuan dan kesatuan nasional.


Dalam satu kesempatan Presiden Jokowi dan Presiden RRT Xi Jinping. -Setpres -disway.id

“Saya juga mengharapkan dukungan dari semua lembaga negara untuk menjaga dan membangun demokrasi di negeri tercinta ini, untuk memperkokoh ideologi bangsa,” jelasnya. 

Presiden pun menghargai upaya MPR dalam mendorong pengamalan Pancasila, mengkaji substansi dan bentuk hukum Pokok-Pokok Haluan Negara, serta menggagas kerja sama internasional dalam mengatasi permasalahan global.

Pernyataan Presiden Jokowi pun diutarakan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. 

Mahfud MD menegaskan Indonesia ada karena para pahlawan ikut berjuang meraih kemerdekaan.

“Kita ini ada karena pahlawan ikut berjuang dan mengorbankan jiwa," kata Mahfud MD usai mengikuti Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangkaian HUT Ke-77 RI di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata Jakarta, Rabu 17 Agustus dini hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: