Jelajahi Museum Abdul Djalil di Kota Magelang

Jelajahi Museum Abdul Djalil di Kota Magelang

Jelajahi Museum Abdul Djalil di Kota Magelang --Instagram/@masiyok

MAGELANG, DISWAY.ID-Jalan-jalan ke Magelang, kunjungi destinasi wisata bersejarah museum di Kota Magelang Jawa Tengah. 

Di Kota Magelang, Jawa Tengah terdapat sebuah Museum senjata bernama Museum Abdul Djalil. Lokasi tepatnya di, komplek Akademi Militer (Akmil) Magelang di Jalan Gatot Soebroto, Jurangombo Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah. 

Di Museum Abdul Djalil, pengunjung bukan hanya melihat dan mempelajari dunia militer tapi juga belajar sejarah dari benda-benda koleksi yang tersimpan di museum tersebut. Yang menarik dan menyita perhatian pengunjung adalah koleksi senjata cukup lengkap yang tersimpan di ruang senjata. 

Ada aturan khusus yang harus ditaati oleh pengunjung, yakni dilarang keras membawa kamera dalam bentuk apa pun termasuk kamera yang terdapat pada handphone. Khusus wisatawan asing dilarang masuk ruang senjata demi kepentingan nasional.

BACA JUGA:Ada Batu Besar di Gunung Manglayang Dikaitkan Kisah Kuda Terbang

Menurut keterangan petugas museum, di ruang senjata memang tidak diperbolehkan memotret karena dihawatirkan akan terpublikasi dan dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Di ruang senjata ini, terdapat sebanyak 400 jenis senjata, baik pistol dan senjata laras panjang berbagai ukuran dan karakternya, serta artileri. Senjata-senjata tersebut bukan hanya senjata yang biasa dipakai oleh tentara, namun juga terdapat senjata yang biasa digunakan oleh personel kepolisian.

Termasuk sejumlah senjata yang digunakan oleh para anggota PKI dalam tragedi G 30 S/PKI. Bahkan di museum ini juga terdapat dua senjata pistol emas. 

Pistol emas tersebut salah satunya adalah sumbangan dari Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno (mantan Wapres RI) yang merupakan pistol yang digunakan untuk memberangus PKI. Sedangkan pistol emas kedua adalah sumbangan dari Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu (mantan Kepala Staf TNI AD).

BACA JUGA:6 Tempat Wisata di Bandung Terbaru yang Hits dan Instagramable, Cocok Buat Hiasi Feeds Instagram

Pengunjung di museum ini lebih banyak anak-anak sekolah dari berbagai daerah seperti, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan lainnya.

Selain ruang senjata, museum yang memiliki dua lantai dengan luas bangunan sekitar 980 meter persegi ini, juga menyimpan sejumlah ruang, antara lain ruang auditorium yang menampilkan film pendek sejarah berdirinya Akmil Magelang.

Kemudian ruang pra-Akademi Militer Nasional (AMN), ruang AMN, ruang AKABRI, ruang Akmil dan ruang batik taruna yang berisi foto alumni berprestasi. Juga ditambah taman meriam yang berada di komplek luar gedung museum.

Di ruang yang lain, yakni ruang batik taruna terdapat foto-foto alumni yang berprestasi, baik di bidang kemiliteran maupun di bidang pemerintahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres