Zulhas Bawa Misi Dagang ke India, Bukukan Potensi Ekspor Senilai USD 3,2 Miliar

Zulhas Bawa Misi Dagang ke India, Bukukan Potensi Ekspor Senilai USD 3,2 Miliar

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam penandatanganan kesepakatan di New Delhi, India.-kemendag-

NEW DELHI, DISWAY.ID-- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) melakukan kunjungan ke New Delhi, India, Senin 22 Agustus 2022.

Kunjungannya ke negeri Bollywood itu, Zulhas membawa misi dagang dengan mengajak 10 pelaku usaha dan eksportir Indonesia serta asosiasi.

Dalam misi dagangnya tersebut, potensi ekspor Indonesia senilai USD 3,2 miliar berhasil dibukukan.

BACA JUGA:Didorong Jadi Penggerak Utama Industri Halal, DKI Jakarta Dapat 1.483 Fasilitas Sertifikasi

Kunjungan  Zulhas ini merupakan misi dagang pertama dirinya ke luar negeri sejak menjabat 15 Juni 2022.

"Delegasi misi dagang Indonesia ke India berhasil membukukan potensi ekspor senilai USD 3,2 miliar atau sekitar Rp 46,98 triliun. Pontensi ekspor ini diperoleh dari penandatanganan 22 kesepakatan kerja sama (MoU) antara pelaku usaha kedua negara," jelas Zulhas.

India dipilih sebagai kunjungan pertama ke luar negerinya, karena merupakan mitra dagang strategis RI.

"Kedua negara memiliki hubungan sejarah yang panjang dan erat, sesama negara G20 dan ekonominya  saling mengisi karena kita saling membutuhkan  satu sama lain,” tegas Mendag.

Dijelaskannya, penandatanganan sebanyak 22 MoU pada misi dagang tersebut meliputi produk-produk  minyak kelapa sawit (CPO), olein, batu bara, furnitur, perkakas plastik, serta bubur kertas dan kertas dengan nilai total mencapai USD 3,2 miliar.

BACA JUGA:Pemerintah Pusat Bakal Transfer ke Daerah Rp 811.7 Triliun di Tahun 2023

"Khusus produk kelapa sawit total komitmen yang menjadi kesepakatan sebanyak 2,6 juta ton atau senilai USD 3,16 miliar,” kata Zulhas.

Turut menyaksikan penandatanganan MoU yaitu Duta Besar Republik Indonesia untuk India dan Bhutan Ina Hagniningtyas Khrisnamurthi dan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi.

Zulhas menyampaikan optimismenya atas capaian misi dagang ini.

“Ini merupakan hari yang bersejarah bagi kedua negara kita. Di tengah situasi penuh ketidakpastian dan tantangan ekonomi, Indonesia dan  India terus memperkuat kemitraan yang strategis khususnya dalam kerja sama perdagangan. Semoga kemitraan yang saling menguntungkan antara pelaku usaha Indonesia dan India, semakin erat dan berkelanjutan,” kata Zulhas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: