Telan Biaya Rp 4 Miliar, 120 Pasangan Isbat Nikah di Surabaya

Telan Biaya Rp 4 Miliar, 120 Pasangan Isbat Nikah di Surabaya

DOK/RU- Ilustrasi Buku Nikah--

SURABAYA, DISWAY.ID - Sebanyak 120 pasangan nikah siri mengikuti acara isbat nikah yang digelar oleh Pemkot SURABAYA yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama di Empire Palace, Selasa 30 Agustus 2022. 

Koordinator gabungan penyelenggara pernikahan Surabaya, Malik Atmadja menyampaikan isbat nikah tersebut menelan anggaran Rp 3 hingga Rp 4 Miliar dan melibatkan 235 vendor. 

Kata Malik, konsep pernikahan dengan adat Jawa dan disediakan 10 meja akad nikah.

BACA JUGA:Ribuan Pasangan Suami Istri di Banyuasin Akan Isbat Nikah

"Mereka sebenarnya enggak akad nikah, kan mereka sudah nikah. Namun, kami buat seolah-olah nikah. Mejanya ada tim Dispendukcapil, KUA, dan PA, wali, dan mantennya. Di meja, cuma pemberian dokumen mereka akad nikah," tutur Malik. 

"Vendor pelaminan, baju pengantin, perias, paes, hingga hijab. Vendor terbaik di Surabaya kami boyong ke sini semua untuk memberikan yang terbaik," ujarnya. Hal tersebut dilakukan agar pasangan pengantin bisa merasakan suasana pernikahan layaknya pengantin baru. "Agar mereka senang bisa merasakan menjadi pengantin baru lagi lah," tambah Malik.

BACA JUGA:Persebaya Surabaya Siapkan Lapis Kedua Hadapi Bayangkara FC

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji mengatakan dalam pengajuan isbat nikah itu, warga cukup datang ke kantor kelurahan untuk menyerahkan beberapa bukti-bukti yang menunjukan telah menikah secara siri.

Setelah dinyatakan lengkap dan diterima, pasangan tersebut akan menjalani sidang isbat nikah pada hari ini.

“Syaratnya, warga Surabaya lalu ada bukti dulu pernah nikah siri. Bukti transaksi nikah siri harus ada,” kata Agus saat konferensi pers. 

Setelah dilakukan pengesahan nikah, para pasangan itu akan langsung mendapatkan buku nikah, KK baru, KTP baru dengan status kawin, dan akta anak. Agus mengatakan jumlah pasangan yang mengikuti isbat nikah pada 2022 meningkat dari tahun lalu, yang hanya 105 pasutri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com