ETLE CCTV Sumatera Utara Rekam 12 Ribu Pelanggaran Selama Sehari

ETLE CCTV Sumatera Utara Rekam 12 Ribu Pelanggaran Selama Sehari

Ilustrasi Camera ETLE-Ist-

MEDAN, DISWAY.ID-Sebanyak 12.697 kendaraan terdata tertangkap pelanggaran ETLE CCTV tertanggal 26-27 Agustus 2022, untuk wilayah hukum (Wilkum) Polda Sumut.

Adapun data yang terkirim ke Back Office 2.483 kendaraan, terkonfirmasi pelanggaran 5.496 kendaraan, dan terkena tilang sebanyak 5.419 kendaraan.

Hal ini diungkap Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Indra Darmawan Iriyanto melalui Kasubdit Gakkum Satgas ETLE Ditlantas Poldasu, AKBP Alimuddin Sinurat di Medan, Senin 29 Agustus 2022. 

“Untuk jenis pelanggaran yang terkena tilang, yaitu pelanggaran menggunakan handphone (ponsel) 176 orang, pelanggaran tidak menggunakan helm 514 orang pelanggaran tidak menggunakan seat belt sebanyak 3.644, pelanggaran April 734 kendaraan dan pelanggaran rambu lalu lintas atau marka jalan 351 kendaraan,” papar Alimuddin.

BACA JUGA:Kamera ETLE Tokcer, Balap Liar Mobil di Senayan Berujung 3 Pelaku dan Mobil Diamankan Polisi

Ia mengatakan, ETLE mulai berjalan efektif, tidak ada lagi saling berselisih atau adu mulut antara petugas dan pengendara.

“Tetapi, kita berharap kepada masyarakat Medan, agar jangan hanya di titik yang terpasang ETLE CCTV saja yang tertib, namun di mana pun berada juga diharapkan mulai kesadarannya untuk tertib berlalulintas. Memang ini masih akan terus berproses agar ke depannya lebih baik lagi,” katanya.

Selain itu, Alimuddin berharap Pemerintah Kota (Pemko) Medan bersama Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sumut mendukung untuk penambahan ETLE statis di wilayah titik-titik rawan pelanggaran di Medan.

Dijelaskannya, titik-titik rawan kejahatan di Kota Medan tersebut, misalnya di simpang Jalan Yos Sudarso (Glugur), di Sei Kambing, Pinang Baris, Jalan Letda Sujono, dan lainnya. Hingga saat ini, pihaknya akan terus mensosialisasikan ETLE ini kepada masyarakat, baik statis maupun mobile.

BACA JUGA:Operasi Patuh Jaya 2022 Libatkan 3070 Personil Penilangan Menggunakan ETLE

“Kita masih terus sosialisasikan kepada masyarakat, karena berlakunya juga masih baru beberapa bulan ini, meski sudah diterapkan e-tilang,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap, agar wilayah lain, seperti Deliserdang, Siantar, Kota Binjai juga dapat mengikuti jejak Kota Medan memasang ETLE CCTV, agar masyarakat dapat terus meningkatkan kedisiplinannya dalam berlalu lintas.

“Jadi warga Medan yang berkendara keluar kota, tetap dengan kesadarannya tertib berlalu lintas,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: