Waspada, 400 RW di DKI Jakarta Rawan Terjadinya Kebakaran

Waspada, 400 RW di DKI Jakarta Rawan Terjadinya Kebakaran

Ilustrasi, terjadi kebakaran -Istimewa/bambang DA-disway.id

JAKARTA, DISWYA.ID - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta menyatakan, bahwa terdapat 400 Rukun Warga (RW) yang berpotensi terjadinya Kebakaran.

“Dari 400 RW yang berada di DKI Jakarta Terdapat 64 RW diantaranya tergolong sangat berisiko terjadi kebakaran.”Ujar Kepala dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan, Jumat 16 September 2022.

Berdasarkan data sebaran penduduk di Jakarta saat ini secara kumulatif sebanyak 2.731 RW.

"Ada 64 RW yang sangat berisiko rawan kebakaran dan ada 400 (RW) rawan kebakaran, sisanya golongan (rawan kebakaran) sedang dan menengah," ungkapnya.

BACA JUGA:Harga Beli Gabah dari Bulog ke Petani Naik Rp250 per kg

Menurut Satriadi, pemetaan daerah rawan kebakaran itu merupakan hasil kajian bersama dengan akademisi Universitas Indonesia (UI).

Berdasar hasil kajian itu, terdapat 22 variabel yang menentukan status rawan kebakaran di tiap RW Ibu Kota

Satriadi melanjutkan, sejumlah variabel yang dimaksud ialah kesediaan pos kebakaran, kesediaan alat pemadan api ringan (APAR), sumber air, dan kepadatan rumah.

“Memang dari pihak UI sudah menentukan variabel untuk menentukan daerah itu rawan kebakaran (atau tidak) itu dari 22 variabel. Nah skor itu menyatakan (sebuah RW) rawan kebakaran atau tidak,” urainya.

BACA JUGA:6.142 Personel PMJ Siaga, Inilah 12 Titik Aksi di Jakarta Hari Ini

Dalam kesempatan itu, Satriadi belum mengungkapkan RW mana saja yang tergolong sangat berisiko rawan kebakaran.

"Perlu pelatihan pencegahan penanggulangan bencana kebakaran kepada seluruh warga DKI Jakarta agar bisa mengantisipasi kebakaran sejak dini," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: