Kali Krukut dan Kali Mampang Meluap, 13 RT di Kelurahan Pela Mampang Jaksel Terendam Banjir 100 Cm

Kali Krukut dan Kali Mampang Meluap, 13 RT di Kelurahan Pela Mampang Jaksel Terendam Banjir 100 Cm

Ilustrasi/Banjir Jakarta-Hermann-Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Itensitas Hujan yang sangat tinggi menyebabkan beberapa ruas jalan di Jakarta mengalami genangan air, tidak hanya itu ada beberapa titik banjir di pemukiman penduduk yang berada di Jakarta Selatan, Timur dan Barat. 

BPBD mencatat genangan berada di 16 RT saat ini bertambah menjadi 31 RT. Luas jalan yang tergenang dari tujuh ruas jalan menjadi enam ruas jalan.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di tujuh ruas jalan dan 16 RT, saat ini menjadi enam ruas jalan dan 31 RT atau hanya 0,102% dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangan tertulis, Selasa 4 Oktober 2022.

BACA JUGA:Regi Datau Gak Romatis ke Ayu Dewi, Denise Chariesta: Pesan di Buket Bunga Aja Gue yang Tulis

Isnawa menjelaskan data itu diambil per pukul 18.00 WIB. Adapun, titik banjir tersebar di tiga wilayah Ibu Kota yaitu Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, Isnawa menjelaskan sebanyak 50 jiwa yang terdiri dari 10 keluarga terdampak banjir di Kelurahan Pejaten Barat mengungsi di Musala Al Inayah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan hujan deras mengakibatkan Kali Krukut dan Mampang meluap. Akibatnya banjir menggenangi sejumlah wilayah.

Tujuh ruas jalan yang tergenang yaitu Jalan Pangeran Antasari di Cilandak, Jakarta Selatan dengan ketinggian air 20 cm, Jalan RS Fatmawati, Jakarta Selatan dengan ketinggian air 20 cm.

Kemudian, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan dengan ketinggian air 20 cm, Jalan Tegal Parang, Jakarta Selatan dengan ketinggian air 20 cm.

Selanjutnya, Jalan Taman Mini I, Jakarta Timur dengan ketinggian 30 cm dan Jalan Raya Kalimalang, Jakarta Timur dengan ketinggian 45 cm.

BACA JUGA:Liga 1 Resmi Distop Hingga Batas Waktu Tidak Ditentukan

Sementara itu, 16 RT yang terendam banjir di antaranya, tiga RT di Kelurahan Cipete Utara dengan ketinggian 100 cm. Menurut Isnawa tiga RT ini berbatasan langsung dengan Kali Krukut.

Kemudian, 13 RT lainnya yang terendam banjir berada di Kelurahan Pela Mampang dengan ketinggian 100 cm.

"Penyebabnya curah hujan tinggi, luapan Kali Krukut dan Kali Mampang," paparnya.

Sumber: