Pengamat Singgung Anies Efek di Pilkada Banten, Airin Perlu Hati-Hati

Pengamat Singgung Anies Efek di Pilkada Banten, Airin Perlu Hati-Hati

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul.-ist-

TANGERANG, DISWAY.ID-- Anies Baswedan telah dideklarasikan menjadi bakal Capres 2024 oleh Partai Nasdem.

Suara Anies diprediksi bisa berpengaruh pada perolehan suara Nasdem di daerah, termasuk nantinya mempengaruhi perolehan suara bagi calon kepala daerah yang diusung partai tersebut.

Pengamat Politik, Adib Miftahul mengatakan, ada Anies efek dalam perhelatan politik di daerah. Di mana, dideklarasikannya Anies sebagai Capres 2024 akan berdampak positif pada suara elektoral di daerah.

BACA JUGA:Airin Diusung Jadi Cagub Banten, Keluarga Sepakat, Termasuk Andika

BACA JUGA:Sebelum Serahkan ke Kejaksaan, Mabes Polri Pastikan Kesehatan Ferdy Sambo CS Kondisi Baik

Di Pilkada Banten nantinya, Nasdem akan diuntungkan dan suara Golkar diprediksi tergerus.

"Inilah yang akan membuat Banten survive. Kira-kira partai yang kegerus Golkar karena militansi PDIP, Gerindra, berbeda dari militensinya Golkar," katanya, Selasa 4 Oktober 2022.

Dikatakan Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) ini, Banten dalam peta lokal dalam Pilpres akan kencang dalam politik identitasnya.

Sedangkan Anies saat ini menjadi simbol oposisi dari pemerintahan, sehingga akan menjadi magnet elektoral di Banten menjadi kuat.

"Jadi bahwa Nasdem akan meraup suara elektoral berkat Anies Baswedan di nasional, di lokal bakal unjuk gigi. Karena politik identitas di Banten kuat," jelasnya.

BACA JUGA:Tragedi Kanjuruhan, PSSI: Sudah Berkomunikasi Dengan FIFA

BACA JUGA:Denise Chariesta Bercinta dengan Suami Artis, Ayu Dewi Singgung Doa Orang Terzalimi

Pilkada di Banten, sebut Adib, akan semakin menarik lantaran kandidat kuat telah bermunculan, seperti Airin Rachmi Diany dari Golkar, Rano Karno (RK) dari PDI Perjuangan, Wahidin Halim (WH) dari Nasdem, Iti Octavia dari Demokrat dan Desmond J. Mahesa dari Gerindra.

Menurutnya, Anies efek akan menggerus suara Golkar di Banten. Oleh karenanya, perlu waspada adalah tim Airin Racmi Diany lantaran suara elektoralnya stagnan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: