Temuan Komnas HAM Atas Tragedi Kanjuruhan, Gas Air Mata Sebabkan Suporter Panik

Temuan Komnas HAM Atas Tragedi Kanjuruhan, Gas Air Mata Sebabkan Suporter Panik

Pihak TGIPF temukan rekaman CCTV di Stadion Kanjuruhan di hapus bak kasus Ferdy Sambo, TGIPF temukan rekaman CCTV di Stadion Kanjuruhan di hapus, TGIPF temukan rekaman CCTV, penghapus rekaman cctv kanjuruhan, rekaman cctv kanjuruhan, berita aktual, Berita-Tangkapan layar-Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID-- Terdapat beberapa fakta baru yang ditemukan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Di antaranya soal situasi kepanikan suporter di pintu keluar stadion setelah penembakan gas air mata

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan tembakan ke arah tribun penonton telah menyebabkan kepanikan luar biasa pada suporter Arema Malang.

BACA JUGA:Pimpin Apel Gelar Pasukan P20, Kapolda Metro Jaya Singgung Tragedi Kanjuruhan

BACA JUGA:Ada Kesalahan Cetak di Mushaf Al Quran Terbitan BWA, Kemenag Beri Penjelasan

Suporter lalu berhamburan berupaya keluar dari jebakan gas air mata yang mulai penuhi tribun penonton. 

"Kan kondisi ini terjadi setelah ricuh, apalagi kericuhan itu banyak pihak yang memberikan keterangan kepada kami itu akibat gas air mata membuat panik dan lain sebagainya sehingga terkonsentrasi di sana di beberapa titik pintu," katanya kepada awak media, Kamis 6 Oktober 2022. 

Sayangnya, upaya bersama para suporter untuk keluar dari dalam stadion itu menyebabkan penumpukan di pintu keluar yang terbuka sempit. Situasinya semakin sulit dikendalikan sebab pada saat bersamaan suporter berada di titik konsentrasi yang sama untuk keluar tetapi tak didukung oleh kondisi pintu gerbang stadion. 

"Ada pintu yang terbuka sempit, ada pintu yang tertutup, itu yang membuat banyak terjepitnya korban," ungkapnya. 

Pihaknya juga sedang mendalami rencana pengamanan Polisi pada pertandingan itu. Menurut Anam, rencana pengamanan itu sangat penting untuk di dalami. Salah satunya untuk menjawab pertanyaan publik soal penggunaan gas air mata dalam stadion. 

BACA JUGA:Pembalap AHRT Targetkan Podium di Seri 4 ARRC 2022 Malaysia Pekan Ini

BACA JUGA:Kejaksaan Pastikan Surat Dakwaan Ferdy Sambo Sampai di Pengadilan Paling Lambat Senin

"Dalam konteks ini yang paling penting sekali sedang dalam proses mendalami bagaimana perencanaan pengamanannya. Perencanaan pengamanan ini sangat penting, kalau ada pertanyaan kenapa kok  gas air mata masuk dalam stadion, itu adanya di perencanaan pengamanan," ungkapnya. 

Dia mengatakan, matang atau tidaknya rencana pengamanan bisa diukur dari upaya yang dilakukan sebelum petugas diterjunkan untuk pengamanan stadion. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: