Resmikan 100 Taman Maju Bersama, Anies Baswedan: Dirancang Bersama Masyarakat

Resmikan 100 Taman Maju Bersama, Anies Baswedan: Dirancang Bersama Masyarakat

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan taman.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan 100 Taman Maju Bersama (TMB) di Taman Maju Bersama Delonix, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu, 12 Oktober 2022.

Peresmian tersebut merupakan simbolis bahwa taman-taman lainnya yang dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah bisa digunakan untuk warga.

Adapun TMB sendiri dirancang sebagai tempat untuk warga berinteraksi atau ruang ketiga. Salah satunya ada Taman Delonix. 

BACA JUGA:Gapura Little India di Jakarta Pusat Diresmikan, Anies: Ini Adalah Kota Global

"Kami sama-sama mencoba mengubah konsep taman dari garden jadi park, kalau garden untuk ditonton," ujar Anies saat ditemui media. 

"Kalau garden kita datang menikmati tanaman, ada taman bunga, ada taman buah, ada taman pohon tapi untuk ditonton ada taman holtikultural banyak itu untuk ditonton, tapi kalau park itu bermain," lanjutnya. 

Dalam proses pembangunannya, Anies pun menjelaskan bahwa TMB tersebut telah dikerjakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. 

Ia mengatakan, sebelum dibangun menjadi TMB, banyak sekali aspirasi masyarakat yang diterima oleh Pemprov sehingga pada proses perancangannya turut melibatkan masyarakat. 

"Unik tamannya ini dirancang bersama-bersama, ibu dan bapak ikut kontribusi walaupun yang menggambar harus orang arsitek atau desainer landscape taman dan lain-lain tapi inputnya dari masyarakat," kata Anies. 

BACA JUGA:Anies Berikan Penghargaan ke Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup, Berikut Ini Penerimanya

"Jadi taman ini, bukan hanya sekadar dibangun oleh pemerintah, tapi dibangun bersama dengan warga," tambahnya. 

Dengan dibangunnya 100 TMB di setiap wilayah DKI Jakarta, Anies pun berpesan kepada pengelola taman untuk membebaskan masyarakat khususnya anak-anak agar bisa memanfaatkan fasilitas dan bermain sesuai dengan usianya.

"Karena itu, ditandai dengan tidak adanya larangan untuk menginjak rumput, rumput untuk bermain. Jadi inilah konsep untuk Taman Maju Bersama," tandasnya. 

Diketahui, awalnya pihak Pemprov melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota menarget untuk membangun 86 TMB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: