Resmi Jadi Tersangka, Rizky Billar Terancam 5 Tahun Penjara

Resmi Jadi Tersangka, Rizky Billar Terancam 5 Tahun Penjara

Rizky Billar terancam 5 tahun penajara usai ditetapkan sebagai tersangka-Istimewa-Instagram/@rizkybillar

JAKARTA, DISWAY.ID - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan menyampaikan saat ini status Rizky Billar naik jadi tersangka atas kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilakukan kepada Lesti Kejora.

Hal tersebut di sampaikan oleh Kombes Polisi Endra Zulpan pada konferensi pers di Polres Metro Jakarta Selatan pada pukul 19.00 WIB sampai selesai.

Zulpan mengatakan, telah memeriksa 6 saksi termasuk Rizky Billar yang baru saja ditetapkan sebagai tersangka kasus KDRT. 

“Setelah mendapat laporan, penyidik dari Polres Metro Jakarta Selatan melakukan pemeriksaan terhadap korban, terkait KDRT kita memerlukan hasil visum yang mana ini memerlukan waktu. Seiring waktu penyidik melakukan pemeriksaan kepada beberapa orang saksi hingga malam ini termasuk Rizky Billar sudah ada 6 saksi,” ujarnya.

BACA JUGA:Rizky Billar Minta Pemeriksaan sebagai Tersangka Ditunda, Pengacara: Letih Sekali

Dia mengatakan periksaan berjalan mulai pukul 11.00 WIB siang. Sedianya Rizky Billar melakukan pemeriksaan besok tapi maju hari ini sesuai permintaan terlapor. 

Setelah berjalanya pemeriksaan saksi lain dan keterangan dari saksi korban juga hasil visum adanya tindakan KDRT yang dilakukan oleh tersangka Rizky Billar.

“Pemeriksaan yang sudah Dilakukan sejak jam 11 siang hingga saat ini. Sedianya besok kita lakukan berdasarkan surat panggilan. Atas Permintaan dari yang bersangkutan melalui kuasa hukum dimajukan menjadi lebih cepat jadi hari ini. Kita merespon dengan Polres Metro Jakarta Selatan,” ucapnya.

“Sejalan dengan jalannya pemeriksaan, dan terkait Pemeriksaan saksi lain dan keterangan saksi korban dan juga hasil visum yang mendukung adanya KDRT yang dilakukan terlapor, maka malam hari ini bisa saya sampaikan hasil pemeriksaan penyidik Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan telah menaikkan status Rizky Billar dari saksi jadi tersangka," sambungnya

Dia menjelaskan, bedasarkan fakta hukum yang dimiliki soal tindak pidana KDRT maka tersangka akan dikenakan undang-undang sebagai berikut.

“Ini berdasarkan fakta hukum yang kita miliki pidana KDRT dalam UU Nomor 23 tahun 2004 di mana yang bersangkutan terkena pasal 44 ayat 1 yaitu melakukan kekerasan fisik pada korban yang didukung alat bukti lain hasil visum sehingga ancaman pidana 5 tahun penjara,” ujarnya.

“Dalam ketentuan UU KDRT yaitu UU Nomor 23 tahun 2004  dalam pasal 55 bahwa keterangan korban dan didukung dengan satu keterangan alat bukti lain itu sudah bisa menetapkan terlapor sebagai tersangka. Kita memiliki lebih dari dua alat bukti maka malam hari ini status yang Bersangkutan dinaikkan sebagai Tersangka,” imbuhnya.

BACA JUGA:Rizky Billar Dicecar 48 Pertanyaan, Polisi: Semua Sudah Dijawab

Dia menambahkan, malam hari ini akan dilakukan pemeriksaan terhadap tersangka Rizky Billar, polisi akan memberikan waktu istirahat kepada tersangka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: