Imbas Kenakalan Fans, 8 Klub Kena Sanksi Financial UEFA, Mana Saja?

Imbas Kenakalan Fans, 8 Klub Kena Sanksi Financial UEFA, Mana Saja?

Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) bakal mengubah aturan Financial Fair Play (FFP) terkait kontrak pemain-ilustrasi-IG/EUFAOFFICIAL

JAKARTA, DISWAY.ID - Sejumlah klub-klub Eropa yang berlaga di Liga Champions dan Liga Europa musim ini tengah mendapat sanksi denda oleh UEFA

Melansir BBC, hukuman atau denda ini diberikan kepada klub yang kedapatan fansnya melakukan tindakan buruk.

Seperti salah satu kasus contoh klub Spanyol, Sevilla harus membayar denda 5.000 euro atau setara Rp74 miliar akibat ulah fansnya saat menjamu Manchester City pada matchday 1 Liga Champions, 6 September lalu. 

Denda tersebut dijatuhkan UEFA karena penggemar Sevilla diketahui melakukan perusakan terhadap bus tim City.

BACA JUGA:Ditahan Imbang Inter Milan, Bek Barcelona: Kami Buat Kesalahan Fatal!

Selain Sevilla, Borussia Dortmund juga tak luput dari denda UEFA. 

Klub asal Jerman tersebut didenda dengan jumlah yang sama dengan Sevilla (5.000 euro) karena sikap buruk fans-nya yang merusak beberapa fasilitas Stadion Etihad, kandang Manchester City pada matchday 2 Liga Champions, 14 September 2022. 

Selain diharuskan membayar denda, manajemen Dortmund juga diperintahkan untuk menghubungi City untuk biaya penyelesaian.

Tak hanya itu, kubu Borussia Dortmund juga dikenai denda 35 ribu poundsterling (Rp598 miliar) saat melakoni matchday 1 Liga Champions ketika menjamu FC Copenhagen, 6 September silam. 

Pihak Dortmund dan juga Copenhagen dihukum dengan denda yang sama karena bentrokan yang melibatkan kedua kelompok suporter setelah pertandingan.

Di tempat lain, klub Italia Napoli didenda total 14.000 poundsterling (Rp239 miliar) karena memblokir jalan-jalan umum dan menggunakan laser oleh para penggemar mereka saat menang 4-1 atas Liverpool pada matchday 1, 7 September lalu.

Dinamo Zagreb dan Sporting Lisbon adalah dua tim terakhir yang harus membayar denda akibat perilaku buruk fan mereka. 

BACA JUGA:AC Milan Bidik Ruben Loftus-Cheek dari Chelsea

Dinamo dan Sporting didenda karena fans mereka menyalakan kembang api (flare) dalam pertandingan melawan Chelsea dan Tottenham Hotspur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: