Revitalisasi Kali Ciliwung Pasar Baru Rampung Desember 2022

Revitalisasi Kali Ciliwung Pasar Baru Rampung Desember 2022

Sebelum blusukan ke Kali Ciliwung-Pasar Baru, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartonto berkoordinasi dengan OPD Pemprov di Taman Ismail Marzuku, Selasa 18 Oktober 2022.-Pemprov DKI -disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menargetkan revitalisasi Kali Ciliwung, Pasar Baru, Jakarta Pusat selesai pada Desember 2022.

Heru berharap nantinya usai direvitalisasi, aliran air di kali Ciliwung yang menuju ke Gunung Sahari menjadi lancar. 

"Progres Desember selesai semoga bisa percepat arus air yang ke Gunung Sahari," ujar Heru Budi Hartono saat ditemui di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Oktober 2022.

"Sudah jalan dan mudah-mudahan bisa selesai," lanjut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) RI. 

BACA JUGA:Buka Layanan Pengaduan, Heru Sebut Masih Ada Warga yang Keluhkan Masalah Sertifikat Tanah

Diketahui, Heru baru saja meninjau revitalisasi kali Ciliwung, Pasar Baru, Jakarta Pusat pada Selasa, 18 Oktober 2022.

Adapun peninjauan tersebut sempat didokumentasikan dan diunggah pada akun resmi milik Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta. 

"Pembangunan/peningkatan kapasitas Sungai Kali Ciliwung hilir di kawasan Pasar Baru ini bertujuan untuk mengendalikan debit banjir, menambah kapasitas sungai/kali dengan menambah ruang terbuka biru sekaligus menyediakan ruang interaksi publik di wilayah Provinsi DKI Jakarta," tulis akun @dinas_sda, Selasa, 18 Oktober 2022.

Sebagai informasi, kali Ciliwung ini merupakan salah satu revitalisasi kali untuk mengendalikan banjir di Jakarta pada masa kepemimpinan Anies Baswedan 

BACA JUGA:16 Tim Piala Asia U-20 2023: Indonesia dan Vietnam Jadi Wakil Asia Tenggara

Berdasarkan data Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, anggaran revitalisasi Kali Ciliwung, Pasar Baru mencapai Rp134,7 miliar.

Adapun revitalisasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan menjaga kekuatan tebing agar meminimalkan potensi longsor di Kali Ciliwung, Pasar Baru. 

Diharapkan pada revitalisasi itu dapat mengendalikan debit air yang mengalir di sungai tersebut khususnya ketika curah hujan tinggi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: