Catat! Ini Daftar 14 RS Rujukan Pasien Gagal Ginjal Akut pada Anak

Catat! Ini Daftar 14 RS Rujukan Pasien Gagal Ginjal Akut pada Anak

Ilustrasi pasien gagal ginjal misterius-Unsplash/ Olga Kononenko-Unsplash/ Olga Kononenko

JAKARTA, DISWAY.ID - Belum tuntas pandemi Covid-19, tanah air kembali digemparkan oleh kasus gagal ginjal misterius yang menyerang anak-anak. 

Masih dalam tahap penelitian, Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan total sudah ada 206 anak yang dilaporkan mengalami gagal ginjal akut misterius. 

Berdasarkan data per Selasa, 18 Oktober 2022, tingkat kematian akibat penyakit ini mencapai 48 persen.

Melihat ini, Kemenkes kemudian merilis daftar rumah sakit yang bisa menjadi rujukan untuk pasien gagal ginjal akut progresif atipikal pada anak. 

Plt Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Murti Utami, mengatakan rumah sakit rujukan ini harus menyediakan sejumlah fasilitas seperti ruangan intensif berupa high Care Unit (HCU) dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU).

"Fasilitas pelayanan Kesehatan yang tidak memiliki fasilitas dimaksud dan/atau sarana prasarana lain sesuai dengan kebutuhan medis pasien harus melakukan rujukan ke Rumah Sakit yang memiliki dokter spesialis ginjal anak dan fasilitas hemodialisis anak," jelas Murti melalui surat edaran yang diterima detikcom, Rabu, 19 Oktober 2022.

BACA JUGA:Jadwal Arema vs Persebaya Disebut LIB Keputusan Bersama

BACA JUGA:Siapa Bunda Corla? Viral di TikTok Jadi Ratu Live dengan Ratusan Ribu Penonton

Tata pelaksanaan pasien rumah sakit ini mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02/I/3305/2022 tentang Tata Laksana dan Manajemen Klinis Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) Pada Anak di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Dalam edaran tersebut, Murti mengimbau agar anak-anak yang memiliki gejala awal gangguan ginjal akut harus segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk diperiksa. 

Selanjutnya, pihak rumah sakit akan melakukan pemeriksaan laboratorium ureum, kreatinin dan pemeriksaan penunjang lain, serta melakukan observasi.

Jika dalam 1x24 jam pasien tidak mendapatkan penanganan, fasilitas kesehatan harus melakukan rujukan ke rumah sakit rujukan dialisis anak. 

Daftar 14 RS Rujukan untuk Gangguan Ginjal Misterius pada Anak

Berikut daftar 14 rumah sakit rujukan anak untuk mendeteksi gangguan ginjal akut.

  1. RSUP Cipto Mangunkusumo
  2. RSUD Dr Soetomo Surabaya
  3. RSUP Dr Kariadi Semarang
  4. RSUP Dr Sardjito DI Yogyakarta
  5. RSUP Prof Ngoerah
  6. RSUP H Adam Malik
  7. RSUD Saiful Anwar Malang
  8. RSUP Hasan Sadikin Bandung
  9. RSAB Harapan Kita
  10. RSUD Dr Zainoel Abidin Banda Aceh
  11. RSUP Dr M Djamil
  12. RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar
  13. RSUP Dr Mohammad Hoesin Palembang
  14. RSUP Prof Dr RD Kandou

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: