Urai Kemacetan Jakarta, Heru Budi Upayakan Kurangi U-Turn Perbanyak Jalan Satu Arah

Urai Kemacetan Jakarta, Heru Budi Upayakan Kurangi U-Turn Perbanyak Jalan Satu Arah

Pj Gubernur Heru Budi Hartono mengintruksikan Dinas Perhubungan untuk memudahkan mobilisasi masyarakat agar tidak terjadi kemacetan di Jakarta, Senin 24 Oktober 2022. -Ist/PPID Pemprov DKI -

JAKARTA, DISWAY.ID-Dalam upaya meminimalisir kemacetan di Jakarta, Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono mengupayakan pengurangan jalur U-Turn atau putar balik dan perbanyak jalur satu arah pada jam-jam tertentu. 

Hal ini disampaikan Heru Budi dalam apel bersama jajaran Forkopimda DKI serta seluruh jajaran Pemprov DKI di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Senin 24 Oktober 2022. 

Pada kesempatan itu,  Heru Budi memberikan arahan terutama kepada jajaran Dinas Perhubungan DKI agar lalu lintas (lalin) di Jakarta bisa dikendalikan, sehingga memudahkan mobilisasi warga.

BACA JUGA:Tinjau Pompa Sentiong, Pj Gubernur Heru Budi: Tadi Saya Minta Dipercepat

"Sudah menjadi kewajiban kita semua untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat, menciptakan kondisi dan situasi lalu lintas yang tertib, serta aman. Dan ini harus dipersiapkan dengan baik. Seluruh aspek keamanan, ketertiban, kelancaran dan kenyamanan berlalu lintas bagi masyarakat, serta pengguna jalan merupakan hal penting yang harus dikoordinasikan secara profesional dan terukur dengan berbagai pihak terkait," jelas Pj. Gubernur Heru, Senin 24 Oktober 2022. 

Disamping itu, Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk menghadirkan pelayanan transportasi yang terintegrasi untuk memudahkan aktivitas, dan mobilitas warga sekaligus mendorong penyelenggaraan transportasi yang berkelanjutan.

"Hal ini tidak hanya menghadirkan infrastruktur yang mengintegrasikan transportasi antar moda, tetapi juga integrasi layanan ticketing, pengurangan U-Turn hingga penerapan Jalan Satu Arah pada jam-jam tertentu adalah beberapa upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk penanganan kemacetan lalu lintas dalam 2 (dua) tahun kedepan," jelasnya.

BACA JUGA:Temui Menhub Budi Karya, Pj Gubernur Heru Budi Sepakat Percepat Integrasi Transportasi Massal

Heru Budi mengharapkan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan, khususnya dalam menghadapi cuaca dalam memasuki musim penghujan.

Hal ini pastinya akan berdampak dalam mengatasi kemacetan lalu lintas, karena sekaligus menanggulangi banjir secara tepat dan cepat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo akan menindaklanjuti arahan Pj. Gubernur Heru dengan segera melakukan kajian bersama berbagai pihak, seperti Polda Metro Jaya agar dinamika kemacetan lalu lintas di Jakarta bisa berjalan sesuai rencana.

"Untuk pengurusan hal ini akan kami dalami. Lalu, saat ini kami sedang melakukan kajian secara komprehensif, sehingga nanti dari hasil kajian akan didapatkan hasil yang paling optimal untuk kelancaran lalu lintas," pungkas Kadishub Syafrin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: