Mendag Pastikan Ketersediaan Beras di Indonesia Aman, Harga Bervariasi

Mendag Pastikan Ketersediaan Beras di Indonesia Aman, Harga Bervariasi

Mendag, Zulkifli Hasan saat Memantau Ketersediaan Beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Senin (7/11). -Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketersediaan beras di Indonesia saat ini disebut Menteri Perdagangan (Mendag) relatif aman dan tercukupi.

Mendag, Zulkifli Hasan mengatakan hal tersebut saat dirinya memantau ketersediaan beras dan stabilisasi harga di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Senin (7/11).

Dalam pemantauan tersebut, turut hadir Penjabat Gubernur, Heru Budi Hartono,  Badan Pangan Nasional, Kepala Satgas Pangan Polri, Direktur Utama Food Station, Direktur Utama RNI, Wali Kota Jakarta Timur dan Holding Pangan BUMN. 

"Saudara bisa saksikan, jadi apa yang kita sampaikan sesuai fakta karena bisa saksikan disini ya. Beras aman, banyak," katanya kepada awak media.

BACA JUGA:KKB Serang Kamp Pertambangan di Pegunungan Bintang Papua, 1 Orang Tewas dengan Kondisi Mengenaskan

Dijelaskannya, berbagai jenis beras yang ada di pasar tersebut dijual dengan harga yang variasi.

"Disitu semua melayani beras medium dengan harga 8.900. Kalau premium bervariasi. Tapi kalau beras medium bulog 8.900," jelasnya.

Diungkapkannya, stok beras di beberapa daerah seperti di Sulawesi dan Jawa Tengah stok beras banyak.

Hanya saja ada sedikit perbedaan Rp 50 karena menggunakan kantong plastik untuk pengemasan berasnya.

"Saya juga baru pulang dari Makassar, ini mau terbang ke Sibolga. Ini Makassar juga memang beda sedikit karena pakai plastik, pakai kantong, jadi dia 8.950 pakai kantong per lima kilogram. Jawa tengah juga sama 8.900 dan 8.950 yang dikemas plastik per lima kilogram. Saya juga ke Wonosobo, Kebumen, Purbalingga, sama masih artinya stok berasnya ada di mana-mana aman," ungkapnya.

BACA JUGA:Catat, Jadwal dan Syarat Seleksi PPPK Tenaga Kesehatan 2022

Sementara itu di tempat yang sama, Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyampaikan hal serupa. 

"Kami bersama pak menteri mengecek kepastian tersedianya beras medium untuk program KPSH (re: Kestabilan Pangan Stok dan Harga)," tuturnya.

"Sehingga Food Station, Pak arif sebagai Kepala Badan Pangan Nasional memastikan bahwa itu sudah tersedia dan saya ucapkan kasih bahwa Pak Menteri sudah memback up ini sehingga kita tahu di sini semua sudah, tadi ada dua tempat kita lihat dan tersedia beras untuk KPSH." tandasnya.

Sumber: