Putin Batal ke Bali dengan Alasan Ini, Jokowi Tegaskan G20 Bukan Forum Politik

Putin Batal ke Bali dengan Alasan Ini, Jokowi Tegaskan G20 Bukan Forum Politik

Presiden Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.-Setpres/Laily Rachev-Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Vladimir Putin kemungkinan tak akan datang dalam pertemuan puncak atau KTT G20 yang digelar di Bali, pekan depan.

Vladimir Putin telah melakukan pembicaraan dengan Presiden Joko Widodo terkait ketidakhadirannya dalam KTT G20 yang rencananya akan dihadiri Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping. 

"Saya menegaskan G20 bukan untuk forum politik. Itu dimaksudkan untuk ekonomi dan pembangunan," jelas Jokowi dilansir Disway.id dari Reuters yang mengutip Financial Times (FT) Selasa 8 November 2022.

BACA JUGA:Jokowi Mendadak Telpon Putin, Apa yang Dibahas?

Pembicaraan Presiden Jokowi via telepon dengan Vladimir Putin memberikan gambaran bahwa Presiden Rusia itu mengurungkan niat datang ke KTT G20 Bali dengan berbagai alasan.

Salah satunya, ketegangan yang kian memuncak antara Rusia dengan Ukraina yang di-back up oleh Amerika dan negara sekutu yang tergabung dalam NATO.

Dominasi ketegangan politik inilah yang tidak diinginkan oleh Vladimir Putin, sejalan dengan arus kepentingan politik yang menguat atas invasi yang Rusia terhadap Ukraina.

Diketahui, Indonesia merupakan tuan rumah KTT G20. Kegiatan berlangsung 15-16 November mendatang di Bali, Indonesia.

BACA JUGA:Putin Akan Akhir Perang Ukraina? Targetkan Mobilisasi Pasukan Selesai Dalam 2 Minggu

Sejumlah negara eropa sebenarnya telah memberikan sinyal kepada Indonesia untuk menolak kehadiran Putin di G20 atas invasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina.

Sedangkan Pemerintah Indonesia menegaskan bahwa G20 bukan forum politik, bukan pulan menjadi forum untuk mendiskusikan dampak invasi Rusia ke Ukraina.

G20 bertujuan menjaga keseimbangan antara kepentingan ekonomi semua negara dan tantangan global yang dihadapi dunia Internasional.

Indonesia sendiri telah menolak adanya konsensus atau kesepakatan jika G20 menjadi wahana bagi semua negara menekan Rusia.

BACA JUGA:Ulah Putin Rusia Resmi Dilarang Tampil di Kualifikasi Piala Eropa dan Piala Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: