Putin Batal ke Bali dengan Alasan Ini, Jokowi Tegaskan G20 Bukan Forum Politik

Putin Batal ke Bali dengan Alasan Ini, Jokowi Tegaskan G20 Bukan Forum Politik

Presiden Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.-Setpres/Laily Rachev-Disway.id

Indonesia memastikan bahwa prinsip perdamaian adalah kunci membangun peradaban di tengah arus krisis yang mengancam. Bukan sebaliknya memperkeruh keadaan.

Karena tidak memiliki kepentingan apapun dalam hal invasi tersebut, Indonesia pun mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. 

Presiden Jokowi mengajak Volodymyr Zelensky untuk hadir dalam KTT G20 di Bali guna menyelaraskan kepentingan Indonesia dengan Ukraina.

Bahkan sebelum gelaran KTT G20 dilangsungkan Presiden Jokowi telah mengunjungi langsung dua negara tersebut.

BACA JUGA:Putin Siap Kirim Alat Tempur Canggih ke Sekutunya, Indonesia Termasuk Gak? 

Indonesia mengharapkan adanya jalan tengah yang saling menguntungkan bagi Rusia dan Ukraina tanpa ikut campur dengan invasi yang kini terus berlangsung dan telah memakan ribuan jiwa.

Lalu apa alasan Presiden Rusia Vladimir Putin batal ke Bali? tidak lebih karena adanya dugaan upaya intervensi yang akan dilakukan negara-negara eropa terhadap Rusia.

Vladimir Putin tentu memiliki data dan informasi yang cukup terhadap perkembangan yang diterimanya. 

Batalnya Vladimir Putin ke Indonesia sebenarnya menjadi kerugian bagi Rusia sendiri, karena tidak mengetahui secara detail kesepakatan KTT G20 yang dibuat.

BACA JUGA:Ritme Putin

Vladimir Putin jika hadir dalam forum terbesar di dunia itu, minimal memberikan pengaruh besar terhadap kebijakan, kesepahaman ekonomi yang akan dibuat karena KTT G20 bukan forum biasa.


Ilustrasi: Joe Biden, Vladimir Putin dan Xi Jinping-Syaiful Amri/Disway.id-disway.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: