Kolaborasi Kemenparekraf dan Kedaireka UI Sambangi Desa Wisata di NTT, Beri Pelatihan dan Edukasi

Kolaborasi Kemenparekraf dan Kedaireka UI Sambangi Desa Wisata di NTT, Beri Pelatihan dan Edukasi

Pengelola Desa Wisata NTT: Siap Memberi Penyelamatan dan Kenyamanan di Desa Wisata, Pokdarwis di NTT Bersyukur Dapat Pelatihan dari Kedaireka Matching Fund UI-Kemenparekraf RI-Humas UI-

NTT, DISWAY.ID-- Tim Verifikasi Lapangan, Pelatihan CHSE dan Kebencanaan yang merupakan bagian dari program Kedaireka Matching Fund Universitas Indonesia (UI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada tanggal 4-6 November 2022 mendatangi Desa Wisata (DeWi) di Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Kedatangan tim tersebut pada dasarnya adalah untuk mewujudkan DeWi di Indonesia dapat naik kelas menjadi berstatus world class melalui CHSE dan Kebencanaan. 

BACA JUGA:Penjelasan Luhut Ada 3 Kepala Negara Tak Hadiri KTT G20 di Bali

BACA JUGA:Geger Video Bripka RR hingga Susi Hadiri Sidang Pakai Baju yang Sama, Sudah Diatur?

Kedaireka Matching Fund UI-Kemenparekraf RI ini merupakan gagasan dari Prof. Dra. Fatma Lestari, M.Si., Ph.D yang merupakan guru besar dari Departemen K3 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia.

Peran Prof. Fatma sendiri dalam DeWi cukup dalam diantaranya adalah sebagai dewan juri Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 dan 2022. 

BACA JUGA:Pihak Keluarga Akan Kremasi Jenazah 4 Orang Tewas Kalideres di Cilincing

BACA JUGA:Cara Dirbinmas Polda Banten Pastikan Pilkades di Lebak Aman

Desa wisata di Provinsi NTT yang menjadi perwakilan untuk terlibat dalam verifikasi lapangan ini adalah Detusoko Barat (Kabupaten Ende), Liang Ndara (Kabupaten Manggarai Barat), dan Waturaka yang berada di wilayah Kabupaten Ende. 

Selain itu kegiatan verifikasi ini dilengkapi dengan pelatihan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) dan Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang disampaikan oleh tim yang ahli di bidangnya. 

BACA JUGA:Hendak Tawuran, 5 Remaja Bersenjata Tajam Diamankan Polrestro Jakarta Barat

BACA JUGA:Tewasnya 4 Jenazah Mengering di Kalideres Buat Polda Metro 'Turun Gunung', Penyebabnya Membingungkan?

Julius D, salah satu perwakilan dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wataruka sangat senang dan berterima kasih atas materi pembelajaran yang diberikan pihak Universitas Indonesia-Kemenparekraf RI cukup jelas dimengerti. 

Terlebih keterampilan dan wawasan tersebut sangat baru mereka dapatkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: