Disebut Ogah Bersebelahan MBS, Begini Biden Tiba di KTT G20 Bali

Disebut Ogah Bersebelahan MBS, Begini Biden Tiba di KTT G20 Bali

Presiden AS Joe Biden tiba di Bali, Minggu 13 November 2022 malam.-BPMI Setpres-

JAKARTA, DISWAYID-- Disebut-sebut Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden ogah bersebelahan dengan Pangeran Arab Saudi Mohammed Bin Salman (MBS) di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Sikap Joe Biden tersebut ditengarai imbas perselisihan antara dua negara yakni Amerika Serikat dengan Arab Saudi yang masih berlanjut setelah konflik masalah minyak.

Meski disebut-sebut pemimpin kedua negara itu tengah berseteru, rupanya tak mempengaruhi Indonesia sebagai tuan rumah presidensi KTT G20 ini menyambut kehadirannya di Bali dengan mengedepankan persahabatan.

BACA JUGA:Putin Tak Hadir di KTT G20 Bali, Penasehat Sergey Markov: Ada Kemungkinan Besar Upaya Pembunuhan

Joe Biden tiba di Indonesia menggunakan pesawat kepresidenan AS, Air Force One, tepatnya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sekitar pukul 21.46 WITA.

Selepas turun dari pesawat, Presiden Biden disambut oleh tarian khas Bali, Pendet. Presiden Biden kemudian berjalan menuju rangkaian kendaraan yang telah disiapkan dan segera meninggalkan bandara.

Penyambutan dengan persahabatan tersebut juga diungkapkan Menparekraf Sandiaga S Uno selaku pihak mewakili Presiden Jokowi untuk sambut Biden.

"Saya mendapat kehormatan dan tugas dari negara untuk menyambut bapak Presiden Joe Biden yang mendarat di Bali malam ini sekitar pukul 21.45 WITA menggunakan pesawat Air Force One," ujar Sandiaga dikutip dari akun instagramnya.

Sandiaga mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Biden atas kesediaanya menghadiri KTT G20.

BACA JUGA:Isu Perang Bintang Sampai Eks Kabareskrim Ito Sumardi Beri Peringatan, Singgung Pengawasan Berjenjang

Sandiaga bercerita, sembari berjalan kaki dan disambut tarian Bali, Biden menyampaikan sangat kagum terhadap tarian tersebut.

"Dia sangat kagum dan dia ucapkan 'amazing, splendid, wonderful.' Sebagai rasa terima kasih dia mengucapkan 'thank you' kepada para penari," ujar Sandiaga. 

Sebelumnya, sejumlah pemimpin organisasi internasional juga tiba di Bali. Executive Chairman World Economic Forum (WEF) Klaus Schwab tiba sekitar pukul 18.56 WITA dan disambut langsung oleh Gubernur Bali I Wayan Koster.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, tiba tidak lama setelahnya dan disambut Menteri BUMN Erick Thohir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: