Catat! Tarif KRL Jabodetabek Tidak Naik

Catat! Tarif KRL Jabodetabek Tidak Naik

Ilustrasi KRL Jabodetabek-Fasyah Halim-Unsplash

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kabar gembira buat para pengguna kereta api listrik (KRL). Pasalnya Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan tidak akan ada penyesuaian (kenaikan) tarif KRL Jabodetabek hingga akhir 2022.

Plt. Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal, mengimbau masyarakat agar tidak perlu khawatir mengenai penyesuaian tarif KRL. 

BACA JUGA:Wow Liburan Punya 9 Manfaat yang Jarang Disadari, Salah Satunya Kurangi Kecemasan?

BACA JUGA:Bisikan Ferdy Sambo Bikin Richard Eliezer Bohongi Kapolri: ‘Skenarionya Kau Yakinkan Ya'

Sebab saat ini Pemerintah melalui DJKA Kemenhub masih terus mengkaji ulang besaran tarif yang sesuai.

"Ini dilakukan agar tidak memberatkan masyarakat dan tidak terlalu membebankan anggaran PSO. Semoga tahun depan akan ada kabar baik mengenai tarif KRL ini," ujar Risal pada Selasa 13 Desember 2022.

Risal menjelaskan, kajian tentang penetapan tarif tersebut memang memerhatikan tingkat kemampuan dan kemauan masyarakat untuk membayar tarif KRL.

BACA JUGA:Intip Harga dan Spesifikasi Xiaomi 13 yang Siap Bersaing di Pasaran

BACA JUGA:Ronaldo Prediksi Juara Piala Dunia 2022 Qatar, Sebut Nama Pemain Terbaik

Juga sekaligus menimbang beban operasional KRL dan kebutuhan subsidi Public Service Obligation (PSO) yang akan dianggarkan.

"Peningkatan tarif operasional KRL Jabodetabek selalu dan pasti terjadi setiap tahunnya, sehingga membuat beban PSO terus meningkat untuk menstabilkan tarif KRL ini," jelasnya.

Risal juga memaparkan, peningkatan tarif operasional KRL Jabodetabek selalu terjadi akibat inflasi yang menyebabkan terjadinya peningkatan komponen-komponen biaya yang dibutuhkan. 

Hal ini menyebabkan subsidi PSO terus bertambah dan menjadi kontraproduktif terhadap upaya pembangunan yang masih terus berlangsung.

BACA JUGA:Viral! Pria Disuruh Minum Urine dan Ditelanjangi di Lingkungan Kampus di Depok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: