Tingkatkan Kesiagaan Bencana, Dompet Dhuafa Gelar Pelatihan Vertical dan Water Rescue

Tingkatkan Kesiagaan Bencana, Dompet Dhuafa Gelar Pelatihan Vertical dan Water Rescue

Meningkatkan kesiagaan dalam menghadapi bencana, Dompet Dhuafa gelar pelatihan vertical dan water rescue siaga bencana.-reza-

SUKABUMI, JAWA BARAT – Meningkatkan kesiagaan dalam menghadapi bencana, Dompet Dhuafa gelar pelatihan vertical dan water rescue siaga bencana yang berlokasi di Jay Adventure Arung Jeram Sukabumi. 

Pelatihan yang dibungkus dalam Jurnalis Siaga Bencana ini, diikuti oleh para jurnalis dari berbagai platform media.

Para peserta di berikan pelatihan langsung oleh unit Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa.

Dalam kesempatan ini DMC memberikan dua materi utama yaitu vertical rescue serta water rescue. 

BACA JUGA:5 Fakta Menarik dan Profil Singkat Soal Negera Argentina, Penamaan Messi Dilarang di Negeri Tango!

BACA JUGA:Cukup 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Selau Fresh dan Bugar Setiap Hari

Shofa Qudus selaku General Manager Program DMC Dompet Dhuafa menjelaskan jika pelatihan ini untuk membekali jurnalis yang merupakan salah satu garda terdepan dalam melakukan peliputan yang salah satunya peliputan bencana.

“Dengan berbekalan pelatihan ini kami berharap para jurnalis paham akan langkah-langkah vertical dan water rescue di lokasi bencana sehingga mampu menempatkan diri pada posisi yang aman serta juga dapat terlibat langsung dalam melakukan bantuan di lokasi,” tambah Shofa.

Shofa menambahakan jika peliputan kebencanaan merupakan profesi dengan risiko besar, di mana dari data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menunjukkan, sejak awal tahun hingga 4 Desember 2022 terdapat 3318 peristiwa bencana alam yang terjadi di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:5 Saksi Ahli Berikan Kesaksian di Sidang Sambo, Bongkar Fakta Baru Penembakan Brigadir J

BACA JUGA:4 Tips Agar Wajah Sehat dan Glowing, Nomor 3 Step Paling Berat Dilakukan!

Sedangkan wilayah paling banyak mengalami musibah bencana dalam periode tersebut antara lain berada di Jawa Barat, sebanyak 775 kejadian, kemudian Jawa Tengah 457 kejadian dan Jawa Timur 380 kejadian.

Dari angka peristiwa tersebut, mengharuskan jurnalis lebih berhati-hati ketika meliput bencana agar tidak turut menjadi korban dari bencana saat menjalankan penugasan.

Ahmad Lukman selaku Manager Humanitarian Academy DMC Dompet Dhuafa menjelaskan dengan pelatihan ini diharapkan akan dapat meningkatkan kapasitas para jurnalis dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: