Berapa Biaya Pemasangan Tabung CNG untuk Mobil dan Motor, Cek Disini

Berapa Biaya Pemasangan Tabung CNG untuk Mobil dan Motor, Cek Disini

Instalasi CNG ke kendaraan Mobil-ilustrasi-Spinny

JAKARTA, DISWAY.ID - Compressed Natural Gas (CNG) tengah digadang-gadang bakal menjadi 'pembunuh' bahan bakar minyak (BBM) Pertalite dan solar.

Sebab, CNG dinilai salah satu alternatif penggunaan bahan bakar yang lebih efisien dan ramah lingkungan untuk kendaraan mobil dan motor. 

Namun, sebelum memutuskan untuk memasang tabung CNG pada kendaraan Anda, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu biaya yang harus dikeluarkan .

Biaya pemasangan tabung CNG bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis kendaraan, merek tabung CNG, kapasitas tabung CNG, dan tempat pemasangan. 

BACA JUGA:Pengganti BBM Pertalite Pembunuh Kendaraan Listrik dari Pertamina Dengan Kualitas Setara Pertamax Turbo Hanya 3 Ribuan

Secara umum, biaya pemasangan tabung CNG untuk kendaraan mobil bisa berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 8 juta, sedangkan untuk kendaraan motor bisa berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 3 juta.

Biaya pemasangan tabung CNG untuk kendaraan mobil lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan motor karena sistem pemasangan yang lebih kompleks dan membutuhkan waktu yang lebih lama. 

Selain itu, biaya pemasangan tabung CNG juga bisa lebih mahal jika Anda memilih tabung CNG dengan kapasitas yang lebih besar atau merek yang lebih mahal.

Di sisi lain, biaya pemasangan tabung CNG bisa lebih murah jika Anda memilih tabung CNG dengan kapasitas yang lebih kecil atau merek yang lebih murah. 

BACA JUGA:Mengenal CNG, Bahan Bakar 'Pembunuh' Pertalite yang Disebut Lebih Moncer untuk Mesin Kendaraan

Selain itu, tempat pemasangan juga bisa mempengaruhi biaya pemasangan tabung CNG, sehingga sebaiknya Anda membandingkan harga di beberapa tempat sebelum memutuskan untuk memasang tabung CNG pada kendaraan Anda.

Meskipun biaya pemasangan tabung CNG mungkin terlihat cukup mahal, namun pada akhirnya akan terbayarkan dengan adanya penghematan biaya bahan bakar yang lebih besar. 

Jika dilihat dari spesifikasi dan kualitasnya, pengganti BBM Pertalite pembunuh kendaraan listrik dari Pertamina dengan kualitas setara Pertamax Turbo hanya Rp 3 ribuan.

Selain itu, tabung CNG juga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar fosil seperti bensin atau solar, sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk kendaraan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: