Berapa Biaya Pemasangan Tabung CNG untuk Mobil dan Motor, Cek Disini

Berapa Biaya Pemasangan Tabung CNG untuk Mobil dan Motor, Cek Disini

Instalasi CNG ke kendaraan Mobil-ilustrasi-Spinny

BACA JUGA:Risiko Gunakan CNG di Kendaraan Mobil dan Motor, Kebocoran hingga Biaya Instalasi yang Mahal!

Harga CNG lebih Murah dari Pertalite dan Solar

Direktur Utama PGN (Perusahaan Gas Negara), M Haryo Yunianto menjelaskan penggunaan CNG dengan full tang berkapasitas 2.5L mampu berkendara hingga 100km untuk sepeda motor.

Hal ini tentunya membuat kendaraan listrik akan mendapatkan saingan yang berat karena dengan menggunakan CNG, pemilik masih bisa menggunakan kendaraan yang ada.

Asumsinya, dengan menggunakan motor listrik di mana baterainya berkapasitas 1,5 kwh bisa menempuh jarak 40 km.

Adapun biaya listrik di Jabodetabek seharga 2 ribu-an rupiah per Kwh, maka untuk menempuh 40 km biaya yang dikeluarkan motor listrik mencapai 3 ribu rupiah.

Sedangkan untuk menempuh 100 km sepeda motor listrik membutuhkan biaya 10 ribu rupiah dan menggunakan CNG hanya membutuhkan biaya 7.750 rupiah.

BACA JUGA:Kualitas CNG Pengganti Pertalite Setara Pertamax Turbo RON 98 Harganya 3 Ribuan Rupiah

Pengaplikasian CNG

Berdasarkan penjelasan dari Kementerian ESDM, pengaplikasian untuk sepeda motor hanya menambahkan sebuah tabung CNG berukuran 14 x 53 cm yang dapat ditempatkan dengan mudah dan tidak mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

Selain itu, penggunaan CNG tidak perlu melakukan perubahan yang signifikan pada sistim bahan bakar, bahkan masih dapat menggunkan bahan bakar sebelumnnya.

Rencana dari target pengaplikasian CNG sebagai pengganti BBM dengan target sebanyak 1000 truk serta bus dan 18.000 kendaraan kecil. 

Selain itu pihak Pertamina juga menargetkan untuk penggunaan CNG di kapal nelayan dengan target jumlah mencapai konversi 6,71 BBTUD untuk 30.000 unit perahu nelayan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: