Sejarah Piala Dunia Pertama Kali Diselenggarakan pada Tahun 1930

Sejarah Piala Dunia Pertama Kali Diselenggarakan pada Tahun 1930

Australia berencana ingin menggandeng Indonesia untuk menggelar tuan rumah piala dunia 2034-ilustrasi-Twitter/@StadDoha_en

Dua ajang terakhir juga menjadi kejuaraan dunia terbuka pertama, dan oleh sebab itu 1924 adalah awal dimulainya era profesional FIFA.

Bertahun-tahun setelahnya, tepatnya pada 1928, harapan FIFA untuk bisa mengadakan turnamen sepak bola internasional di luar olimpiade mulai menemukan titik terang.

Pada 1929, FIFA pun secara resmi mempersiapkan turnamen kejuaraan yang disebut World Cup atau Piala Dunia, di mana Jules Rimet menjabat sebagai Presiden FIFA saat itu.

Kongres FIFA pertama diadakan tanggal 17-18 Mei 1929 yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol. Hasil kongres diputuskan bahwa Uruguay akan menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama. 

Karena Uruguay adalah pemegang dua kali gelar kejuaraan sepak bola dunia pada saat itu, dan juga dalam rangka memperingati seratus tahun kemerdekaan mereka pada tahun 1930, FIFA menetapkan Uruguay sebagai negara tuan rumah turnamen Piala Dunia pertama.

BACA JUGA:Kenali 7 Penyebab Kaki Bengkak dan Gejalanya

BACA JUGA:AirNav Indonesia Antisipasi Peningkatan Pergerakan Pesawat Periode Nataru

Pertandingan Piala Dunia pertama diadakan pada 13-30 Juli 1930, yang diikuti oleh 13 negara. 

Adapun negara-negara pertama yang mengikuti Piala Dunia terdiri dari enam negara Amerika Selatan, lima dari Eropa, dan dua dari Amerika Utara.

Semua pertandingan berlangsung di Montevideo, Uruguay dengan menggunakan tiga stadion , yaitu Stadion Centenario, Stadion Pocitos, dan Stadion Parque.

Puncak pertandingan Piala Dunia pertama diselenggarakan pada 30 Juli 1929, di mana Uruguay melawan Argentina dan hasil akhirnya adalah Piala Dunia pertama dimenangi tim nasional Uruguay dengan skor 4-2.

Masalah-masalah yang dihadapi dalam penyelenggaraan turnamen Piala Dunia awal adalah kesulitan untuk melakukan perjalanan antarbenua, serta peperangan. 

Beberapa tim Amerika Selatan tidak bersedia berangkat ke Eropa untuk mengikuti turnamen 1934 dan 1938, dan satu-satunya tim Amerika Selatan yang berkompetisi pada kedua ajang tersebut hanyalah Brasil. 

BACA JUGA:Terbaru! Ini Daftar Farmasi dan Produk Obat Sirup yang Aman Digunakan dari BPOM

BACA JUGA:Perubahan Sikap Brigadir J Dibongkar Ahli, Imbas Diistimewakan Putri Candrawathi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: