Dampak Badai Dahsyat, Gelombang Tinggi Lebih dari 6 Meter Landa Berbagai Wilayah Perairan, BMKG: Terjadi Hingga 3 Januari

Dampak Badai Dahsyat, Gelombang Tinggi Lebih dari 6 Meter Landa Berbagai Wilayah Perairan, BMKG: Terjadi Hingga 3 Januari

BMKG merilis data sejumlah wilayah perairan di Indonesia berpotensi terjadi gelombang tinggi lebih dari 6 meter-Foto/Unsplash/Matt Paul Catalano-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Potensi hujan ekstrem dan badai dahsyat mulai Rabu 28 Desember 2022 berdampak gelombang tinggi hingga 6 meter.

Menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gelombang laut setinggi 6 meter diprediksi terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

"Gelombang laut terjadi di berbagai wilayah mencapai ketinggian 6 meter," kata Ketua BMKG Dwikorita Karnawati saat konferensi pers, Selasa 27 Desember 2022.

BACA JUGA:BRIN-BMKG Prakirakan Hujan Ekstrem dan Badai Dahsyat Landa DKI Jakarta Hingga Banten Pada 28 Desember 2022, Mengerikan!

Menurut Deputi Meteorologi BMKG Guswanto, potensi gelombang laut akan meningkat dalam periode sejak 27 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

Ia meminta masyarakat agar mewaspadai dengan terjadi gelombang tinggi yang dapat mencapai 6 meter.

"Terjadinya gelombang pasang atau potensi gelombang laut yang terjadi, pada periode 27 Desember hingga 3 Januari perlu diwaspadai," jelasnya.

Gelombang Laut Setinggi Lebih dari 6 Meter Terjadi di Laut Natuna

Dia menjelaskan, dampak perubahan cuaca dalam satu pekan ke depan akan mengakibatkan gelombang pasang di berbagai wilayah perairan Indonesia.

Salah satu yang disorotinya adalah Laut Natuna Utara dan Samudera Hindia Selatan NTT.

"Kategori tinggi gelombang laut lebih dari 6 meter terjadi di Laut Natuna Utara dan Samudera Hinda selatan NTT," jelasnya.

Tercatat terdapat beberapa wilayah perairan yang diperiksi akan mengalami gelombang tinggi lebih dari 6 meter.

Gelombang Tinggi Lebih dari 6 Meter Terjadi di:

- Laut Natuna Utara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: