Cegah Banjir Besar, Pemprov DKI dan BNPB Lakukan Modifikasi Cuaca

Cegah Banjir Besar, Pemprov DKI dan BNPB Lakukan Modifikasi Cuaca

Sebagian wilayah DKI Jakarta ada yang akan turun hujan hari ini. Intip cuaca di Tangerang hingga Bogor.-Shafira Amadea-Unsplash

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama BNPB bakal memecah curah hujan dengan konsep Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Langkah itu diambil, guna mengantispasi potensi banjir besar di DKI Jakarta yang telah diprediksi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

"Nanti Pak Isnawa Adji (Kepala BPBD) berkoordinasi dengan BRIN, AU, siang ini untuk  mengantisipasi potensi hujan badai," kata Heru Budi di Jakarta, Rabu 28 Desember 2022.

BACA JUGA:Gak Kompak! BMKG Bantah Bakal Terjadi Cuaca Ekstrem pada 28 Desember 2022 di Jabodetabek

Selain memecah curah hujan, kata Heru, pihaknya juga akan memaksimalkan pengerukan kali di wilayah Ibu Kota.

"Mungkin kita pecah dengan konsep TMC, dan pengerukan-pengerukan kali. Mudah-mudahan tidak datang," ujarnya.

BACA JUGA:Bakal Ada Badai? BMKG Ungkap Potensi Cuaca di Jabodetabek 28 Desember 2022, Waspada!

Heru mengaku, sejauh ini Pemprov DKI juga selalu rutin bertukar informasi dengan daerah penyangga seperti Depok, Bogor, dan Tangerang untuk bekerja sama menangani banjir kala cuaca ekstrem.

"Rutin oleh Kepala BPBD DKI, kerja sama tukar informasi, pergerakan kebijakan-kebijakan penanggulangan bencana," pungkasnya.

BRIN sebelumnya mengungkapkan adanya potensi banjir besar di kawasan Jabodetabek, khususnya Tangerang, Banten, lantaran ada hujan ekstrem dan badai dahsyat. 

Banjir besar tersebut diprakirakan terjadi pada Rabu, 28 Desember 2022.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: