Simak Cara Antisipasi Hujan Lebat yang Tepat, Jangan Sampai Salah Ambil Langkah!

Simak Cara Antisipasi Hujan Lebat yang Tepat, Jangan Sampai Salah Ambil Langkah!

Ilustrasi Hujan lebat-_Alicja_-Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Hujan lebat terjadi ketika atmosfer mengalami proses yang disebut siklus hujan.

Siklus hujan dimulai dengan terjadinya pemanasan permukaan bumi, yang menyebabkan udara di atas permukaan bumi menjadi panas dan lebih ringan.

Udara panas ini akan naik ke atmosfer dan menyebabkan terjadinya kondensasi, yaitu perubahan fase udara dari gas menjadi cairan (awan).

BACA JUGA:BMKG Buka Suara Soal Potensi Hujan Badai Dahsyat di Jabodetabek, Guswanto: Cuma Hujan Sedang dan Lebat, Bukan Badai!

Ketika awan terbentuk, uap air akan terkondensasi menjadi tetesan air yang kemudian jatuh ke bumi sebagai hujan.

Jika kondensasi terjadi dengan cukup banyak, maka hujan yang terjadi akan lebat. Hujan lebat biasanya terjadi di daerah yang memiliki iklim lembab dan panas, seperti di daerah tropis.

Namun, hujan lebat juga dapat terjadi di daerah dengan iklim lain, tergantung pada faktor-faktor seperti sistem meteorologi yang sedang terjadi dan tingkat kelembapan udara di atmosfer.

Hujan lebat dapat menimbulkan banyak bahaya, terutama jika terjadi secara tiba-tiba atau dalam jumlah yang sangat besar dalam waktu yang singkat.

BACA JUGA:Bukan Badai, Kata BMKG Jabodetabek Masih Aman : Hujan Ekstrem yang Diprediksi Terjadi 30 Desember

Berikut ini beberapa bahaya yang dapat terjadi akibat hujan lebat:

- Banjir: Hujan lebat dapat menyebabkan terjadinya Banjir, terutama jika terjadi di daerah yang memiliki drainase yang buruk atau jika terjadi di daerah yang memiliki topografi yang terjal. Banjir dapat mengakibatkan kerusakan pada bangunan, infrastruktur, dan tanaman, serta dapat menyebabkan kehilangan nyawa dan kerugian materi.

- Kecelakaan lalu lintas: Kondisi jalan yang licin akibat hujan lebat dapat menyebabkan terjadinya Kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kecepatan dan kondisi jalan saat berkendara di bawah hujan lebat.

- Kerusakan infrastruktur: Hujan lebat dapat menyebabkan kerusakan pada jembatan, jalan, dan bangunan lainnya.

- Petir: Hujan lebat seringkali disertai dengan petir yang dapat menyebabkan kerusakan pada bangunan dan menyebabkan kebakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: