Perjalanan Karir Pele Hingga Cetak Prestasi Gemilang di Sepakbola Dunia

Perjalanan Karir Pele Hingga Cetak Prestasi Gemilang di Sepakbola Dunia

Ilustarsi legenda sepakbola Brasil, Pele-@ASTROARENA-

Pelé kemudian memulai debutnya di Santos pada 7 September 1957 mencetak 1 gol dalam kemenangan 7-1 melawan Corinthians dalam pertandingan eksebisi.

Pada akhir musim kompetisi Pelé keluar sebagai top scorer liga pada umur 16 tahun. Hanya dalam tempo singkat, Pelé kemudian dipanggil untuk bergabung dengan skuat tim nasional Brasil.

BACA JUGA:Al-Nassr Tunggu Jawaban Ronaldo Terakhir 1 Januari 2023: 'Take It or Leave It'

BACA JUGA:Suami Siram Air Keras ke Istri dan Anak Tiri di Kapuk Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara, Polisi Ungkap Motifnya, Nggak Habis Pikir!

Sesudah penampilannya di Piala Dunia 1962, tim raksasa eropa seperti Real Madrid, Manchester United dan Juventus mulai mengincarnya. Namun hal ini dicegah oleh pemerintah Brasil dengan mengatakan bahwa Pelé adalah bagian dari harta karun negara dan tidak diperbolehkan bermain sepak bola di luar Brasil.

Karier Pelé bersama Brasil dimulai pada 7 Juli 1957 di mana Brasil kalah oleh Argentina 2-1. Pelé mencetak salah satu gol dalam pertandingan itu pada usia 16 tahun 9 bulan, sebuah rekor untuk Brasil sebagai pemain termuda yang pernah tampil untuk Brasil.

Pertandingan pertama Pelé dalam piala dunia adalah melawan Uni Soviet. Ia adalah pemain termuda dalam turnamen itu.

Pelé kemudian mencetak gol pertama untuk Brasil ketika melawan Tim nasional Wales yang mengantarkan Brasil ke semifinal melawan Prancis.

Prestasi Pele

Pelé adalah legenda sepak bola dunia yang berasal dari Brasil. Selama kariernya sebagai pemain, Pele berhasil membawa Brasil menjadi Juara Dunia Piala Dunia FIFA sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1958 di Swedia, tahun 1962 di Chili, dan tahun 1970 di Meksiko.

Berkat keberhasilannya tersebut, Brasil berhak atas Piala Jules Rimet. Pelé mendapatkan julukan O Rei atau Sang Raja

Pele punya catatan 97 caps untuk Timnas Brasil. Sebanyak 77 gol ia lesakkan untuk Selecao.

Sementara di level klub, Pele membela Santos dan New York Cosmos. Ia bisa membuat 757 gol, meski Santos mengklaim sang legenda sudah mencetak lebih dari 1000 gol.

Pele adalah salah satu pesepakbola terbaik sepanjang sejarah.

Beristirahatlah dengan damai, Pele.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: