Sambangi Panggung Perayaan Malam Tahun Baru 2023, Heru Budi Hartono Minta Diceritakan Wayang Kulit

Sambangi Panggung Perayaan Malam Tahun Baru 2023, Heru Budi Hartono Minta Diceritakan Wayang Kulit

Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono saat mengunjungi panggung Sarinah, Jakarta Pusat-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY. ID - Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyambangi salah satu panggung perayaan malam tahun baru 2023, yaitu panggung Sarinah. 

Pada panggung Sarinah yang berlokasikan di Mall Sarinah, Jakarta Pusat, Heru Budi Hartono membahas salah satu penampilannya, yakni Wayang Kulit

Heru Budi Hartono pun meminta kepada dalang wayang kulit yang bernama Sambowo untuk menjelaskan alur ceritanya. 

"Ceritakan dong, cerita dari wayang kulit ini ceritanya apa?," tanya Heru Budi Hartono kepada Dalang, di Panggung Sarinah, Mall Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu 31 Desember 2022.

"Tentang Hanoman Pak dari Taman Mini Indonesia Indah," jawab Sambowo kepada Pj Gubernur DKI Jakarta. 

Mendengar pertanyaan tersebut, pria yang juga menjabat sebagai Kasetpres RI ini pun penasaran dan meminta MC untuk memanggil dalang agar bisa berbincang terkait penampilan itu. 

"Mungkin diajak ngobrol sebentar aja," kata Heru Budi Hartono. 

"Ini dalangnya Ki Sambowo," sahut MC. 

Mendengar namanya disebut, Sambowopun langsung menjelaskan alur cerita dari pertunjukan tersebut. Dia pun mengatakan bahwa dirinya tengah menunjukan penampilan Hanoman. 

"Ceritanya ini tentang Hanoman. Hanoman ini ceritanya tentang suatu tokoh, tokoh perwayangan umurnya melampaui batas hidup di empat zaman. Sebelum Ramayana, Mahabrata. Jadi ini lanjut sampai empat zaman ini Pak. Kira-kira seperti itu Pak," ceritanya. 

Sebagai informasi, Pertunjukan wayang kulit ini merupakan pertama kalinya digelar setelah 27 tahun terakhir dipertunjukan di Mall Sarinah. 

"Pertunjukan wayang ini pertama kali ditampilkan di Sarinah setelah tahun 1995," ujar salah satu pembawa acara pada perayaan malam tahun baru di Mall Sarinah. 

"Jadi terakhir ditampilkan di Sarinah 27 tahun yang lalu dan ini pertama kali ditampilkan lagi," lanjutnya. 

Disisi lain, Dalang sanggar gresek laras, Sambowo menjelaskan, wayang kulit yang ditampilkan ini menceritakan tentang hanoman yang melalui 4 epos untuk melampaui umur panjang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: