Yu Sheng, Makanan Khas Imlek Harganya Pernah Tembus Rp 4,9 Miliar, Apa Menariknya?

Yu Sheng, Makanan Khas Imlek Harganya Pernah Tembus Rp 4,9 Miliar, Apa Menariknya?

Makanan Khas Imlek Yu Sheng/ilustrasi-ilustrasi-Berbagai sumber

Makanan yu sheng adalah salah satu bagian penting dari budaya dan tradisi Imlek di Asia Tenggara. 

Selain rasanya yang enak, makanan ini juga dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran bagi keluarga yang memakannya.

Yu Sheng Termahal Senilai Rp 4,9 M

Dikutip dari Channel News Asia, Rabu 4 Januari 2023, Pada 2022 lalu di Singapura, salah satu yu sheng termahal dijual oleh Jade Restaurant di The Fullerton Hotel. 

Salad segar ini dikreasi berbentuk macan yang merupakan tahun Imlek saat itu.

Dilengkapi dengan jeli sampanye, abalon dan salmon, serta saus kumquat, paket yu sheng yang dinamakan Premium Gold Rush Yusheng itu dibandrol seharga USD 688 atau sekitar Rp. 10,7 juta (asumsi kurs Rp. 15.000 per dolar AS). 

Selain Singapura, e-commerce asal Malaysia, Groupon Malaysia dan restoran Ruyi & Lyn pada tahun 2016 juga pernah membuat yu sheng termahal di dunia. Hidangan tersebut pun dibanderol USD 5.465 atau Rp 85,2 juta.

BACA JUGA:Menanti Angpao di Hari Imlek

Yu sheng tersebut dilengkapi dengan bahan-bahan mewah dan eksotis seperti truffle dari Italia, kaviar Oscietra Sturgeon dari Prancis, uni Jepang, tuna otoro sirip biru perut, sashimi udang manis botan-ebi, hingga sebotol sampanye Dom Perignon Vintage 2005.

Kemudian pada tahun 2019, perusahaan katering asal Singapura, yakni Neo Garden menampilkan set yu sheng seharga USD 319.810 atau sekitar Rp. 4,9 miliar, menurut laporan 99.co.

Hidangan salad Imlek khas Singapura ini dijuluki Platinum Gold Dragon Yusheng, berukuran 888 meter dengan satu butir mutiara berbentuk naga senilai USD 288.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: