Kemkominfo - Polri Siap Berantas Hoaks Jelang Pemilu 2024

Kemkominfo - Polri Siap Berantas Hoaks Jelang Pemilu 2024

Kemkominfo - Polri Siap Berantas Hoaks Jelang Pemilu 2024-Infopublik-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersinergi dengan Polri untuk memperkuat keamanan ruang digital dalam mencegah hoaks atau berita bohong.

Jika berdasarkan survei Kemkominfo pascapemilu 2019 lalu, ditemukan 67,2 persen hoaks atau berita bohong terkait isu politik yang didominasi menggunakan media sosial (medsos).

BACA JUGA:Anime Tokyo Revengers Season 2 Tayang Minggu Ini, Catat Jadwalnya!

BACA JUGA:Geruduk Rumah Sambo, Hakim Wahyu Iman Santoso Mendadak Tunjuk CCTV!

Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Wakabareskrim Polri), Irjen Pol Asep Edi Suheri, menyatakan hal itu harus menjadi pembelajaran bersama, dan tidak boleh terjadi di Pemilu Serentak 2024.

"Persaingan politik pemilu pada ruang digital yang memanfaatkan hoaks, berita bohong, politik identitas maupun propaganda firehose of falsehood seperti yang terjadi pada Pemilu 2019 tidak boleh terjadi lagi pada Pemilu 2024," ujar Irjen Pol Asep Edi Suheri Rabu 4 Januari 2023.

Menurut Irjen Asep, hal itu dikarenakan sangat membahayakan bagi persatuan maupun kesatuan bangsa.

BACA JUGA:Survei Indopol: Tingkat Kepercayaan Polri Meningkat Jadi 69.35 Persen

BACA JUGA:Perppu Ciptaker Atur Upah Minimun dan Outsourcing Membingungkan, Said Iqbal: Merugikan Buruh

Oleh karena itu, ia meminta agar para calon di Pemilu 2024 bisa memanfaatkan ruang digital secara bertanggung jawab, yaitu saling adu program kerja, visi maupun gagasan positif.

Dengan begitu, tidak terjadi polarisasi dan masyarakat dapat menilai secara objektif, serta memilih para pemimpin yang nantinya mampu membawa Indonesia menjadi lebih baik.

Irjen Asep juga mengimbau kepada masyarakat untuk memerangi mereka yang memanfaatkan ruang digital secara tidak bertanggung jawab, baik untuk isu politik maupun isu-isu lainnya.

BACA JUGA:Khawatir Soal Keamanan di GBK, Timnas Vietnam Minta Dikawal Pakar Keamanan AFC

BACA JUGA:Usai Kecelakaan Parah, Jeremy Renner Unggah Selfie Perdana, Banjir Ucapan Doa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: