Cara Pengobatan dan Dampak Kecanduan Mengonsumsi Alkohol dalam Jumlah Besar

Cara Pengobatan dan Dampak Kecanduan Mengonsumsi Alkohol dalam Jumlah Besar

Tangkap layar Youtube RSCM-Tangkap layar youtube RSCM-Tangkap layar youtube RSCM

JAKARTA, DISWAY.ID - Setiap orang memiliki persoalan masalah sendiri-sendiri dan setiap masalah yang ingin dihadapi membuat kita cemas, ketika kita mengalami kecemasan tersebut tentu saja tubuh kita merespon menjadi cemas, dan menjadi tegang.

Banyak dari orang-orang itu menemukan bahwa meminum alkohol kita bisa menjadi rileks atau menjadi lebih tenang, banyak yang tidak menyadari bahwa jika dibiarkan secara terus menerus dampak akan berujung pada alkoholisme.

Menurut dr. Enjeline Hanafi, SpKJ, Spesialis Kesehatan Jiwa, Alkoholisme itu merupakan gangguan alkohol, gangguan alkohol dalam jumlah dan waktu yang berlebihan, itu bisa menjadi pusat pemikirannya yang akan mengakibatkan dampak negatif dalam kehidupan sehari-hari, walaupun demikian orang tersebut masih menggunakan Alkohol.

BACA JUGA:Simak 6 Jenis Kanker Berbahaya Lengkap dengan Cara Pengobatannya

Enjeline mengatakan, jika seorang mengkonsumsi alkohol yang berlebihan atau minum dalam jumlah besar pasti akan membuat seseorang tidak bisa mengendalikan diri.

“Jika seorang meminum alkohol dalam jumlah besar, pastinya orang tersebut tidak bisa mengendalikan diri,” ujar dr. Enjeline Hanafi, SpKJ, spesialis Kesehatan Jiwa dalam keterangannya di Youtube RSCM dikutip Disway.id, Sabtu 7 Januari 2023. 

Ada beberapa dampak psikologis ketika seseorang tidak bisa mengendalikan diri dalam minum alkohol yang cukup besar, salah satunya tidak dapat mengontrol diri, gelisah dan tidak dapat berpikir jelas.

“Intoksikasi alkohol menyebabkan, orang yang minum alkohol secara berlebihan akan mengakibatkan tidak dapat mengontrol diri, gelisah, tidak dapat berpikir dengan jelas ketika diminta untuk berjalan, maka berjalannya akan sempoyongan,” ujarnya.

Ada beberapa dampak yang mengakibatkan overdosis alkohol misalnya akan berdampak semi koma (tidak sadarkan diri), ataupun tidak dapat mengenali sekitar, bahkan akan mengalami gangguan detak jantung dan pernafasan.

“Overdosis alkohol depan menyebabkan hal-hal misalnya semi koma di mana orang itu tidak sadarkan diri, tidak bisa mengenali sekitarnya dan bahkan akan mengalami gangguan detak jantung dan gangguan pernafasan,” ucap Enjeline.

BACA JUGA:Resep dan Langkah-langkah Membuat Nasi Uduk yang Enak

Menurut Enjeline menggunakan Alkohol yang berlebihan akan menimbulkan dampak bagi kesehatan organ di dalam tubuh salah satu yang signifikan sebagai berikut.

“Terjadinya gangguan pada fungsi hati (Hepatitis), jika hal itu dibiarkan secara lama atau berkepanjangan dan tidak cepat diobati akan berubah menjadi kanker hati, dan akan mengganggu pencernaan lainnya.” Ucap dia.

Enjeline mengatakan, Langkah-langkah untuk menghindari kecanduan alkohol salah satunya mencari informasi sebanyak-banyaknya apakah saya mengalami kecanduan alkohol, dan melakukan konsultasi kepada dokter yang profesional yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: