Tips Aman Mudik Lebaran 2023 Lewat Jalur Pansela

Tips Aman Mudik Lebaran 2023 Lewat Jalur Pansela

Kawasan jalur mudik Pantai Selatan Kabupaten Tasikmalaya memiliki panorama yang menawan. (gambar: screenshot dok.polres tasikmalaya)--

JAKARTA, DISWAY.ID-60 hari lagi umat muslim akan memasuki bulan Ramadan yang dilanjutkan dengan musim mudik lebaran 2023. 

Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi membagikan tips kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan arus mudik Lebaran 2023 lewat jalur pantai selatan (pansela) agar aman selama berkendaraan dan terhindar dari kecelakaan.

"Pertama diatur waktu berangkatnya supaya bisa santai menikmati jalanan jalur pansela, sepanjang perjalanann juga terdapat tempat-tempat singgah, tempat makan.  Yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak, tadi saya lihat SPBU juga sudah lebih banyak di jalur pansela ketimbang tahun lalu," ujar Kakorlantas Polri di Jembatan Kretek dua, Kulon Progo, Yogjakarta, Sabtu 21 Januari 2023.

BACA JUGA:Pantau Jalur Pantura untuk Mudik Lebaran 2023, Kakorlantas : Persiapan Operasi Ketupat

BACA JUGA:Antisipasi Kepadatan, Korlantas Polri Mulai Patau Jalur Mudik Lebaran 2023

Firman juga menuturkan kondisi yang prima bagi pengemudi akan membuat konsentrasi fokus, dengan begitu potensi kecelakaan akan terminimalisir.

"Kalau sudah di jalan raya itu tidak boleh lengah, intinya kalau kita berbicara tentang keselamatan di jalan semua tentang dalam kondisi siaga makannya kenapa orang harus sehat kalau sudah di jalan," ujarnya.

Selain itu, Firman menyarankan agar masyarakat yang akan mudik melalui jalur pansela untuk menggunakan kendaraan roda empat, pengendara juga diminta untuk memeriksakan kondisi kendaraan terlebih dahulu agar layak jalan.

"Imbauan kami bagi masyarakat yang akan melaksanakan mudik agar bisa tetap dengan gembira melaksanakan mudik, pastikan kendaraan aman digunakan, kami juga mengimbau kalau bisa jangan pakai kendaraan roda dua. tetap menggunakam kendaraan roda empat saat mudik , kendaraan roda dua bisa dititipkan ke truk, angkutan laut, kereta api seperti pada tahun sebelumnya, saran ini lebih pada untuk keselamatan pengemudi” jelas Firman.

BACA JUGA:Polisi Imbau Pemudik Nataru Waspada 3 Titik Black Spot di Jalur Pantura

Dalam rangka persiapan mudik, kakorlantas Polri melakukan peninjauan di jalur Pansela. 

Peninjauan jalur pansela hari terakhir dimulai dari Pangandaran menuju Kalipucang, Kawunganten, Cilacap, Karangbolong, Kebumen, Kulonprogo, dan berakhir di Yogjakarta.

Kakorlantas juga melakukan pengecekan di underpas airport internasional Yogjakarta dan jembatan Kretek dua, Yogjakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: