Antisipasi Kepadatan, Korlantas Polri Mulai Patau Jalur Mudik Lebaran 2023

Antisipasi Kepadatan, Korlantas Polri Mulai Patau Jalur Mudik Lebaran 2023

Arus Mudik/ilustrasi/Foto: Ntmcpolri--ilustrasi-Ntmcpolri

JAKARTA, DISWAY.ID - Hari raya Idul Fitri 2023 tinggal menghitung bulan. Biasanya, pada Moment hari besar itu seluruh masyarakat Indonesia melakukan ritual mudik tahunan.

Guna mengantisipasi kepadatan, Korlantas Polri mulai bersiap melakukan pemantauan jalur arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, persiapan tersebut dilakukan untuk meminimalisir kendala yang mungkin terjadi saat musim mudik. 

BACA JUGA:Alasan Kemenag Batasi Jemaah Haji Lansia Berangkat Tahun Ini

Maklum saja, mudik tahun ini menjadi kali pertama yang dibebaskan oleh pemeritah pasca pendemi Covid-19.

“Kesempatan ini juga momentum untuk Korlantas dan Direktorat lalu lintas jajaran untuk mulai mempersiapakan secara awal karena persiapan pekerjaan fisik, kemudian perubahan-perubahan layout jalan, penambahan lajur,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi melalui keterangannya, Jumat 20 Januari 2023.

Firman menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya dan stakeholder akan mulai melakukan peninjauan awal jalur arus mudik idul fitri 2023, khususnya jalur selatan.

"Untuk tanggal 19 ini merencanakan sudah mulai survey lapangan, kami, Dirjen PUPR dan Dirjen Hubdar akan bergabung untuk melihat lokasi-lokasi khususnya di jalur selatan yang pada lebaran kemaren belum banyak diminati,” terangnya.

BACA JUGA: Naik Jadi Rp 69 Juta, Ini Rincian Biaya Haji 2023 Terbaru

Menurut Firman, dengan adanya survey jalur arus mudik tersebut diharapkan dapat memberikan rekomendasi jalan alternatif untuk masyarakat yang akan melakukan arus mudik.

Hal tersebut juga untuk mengurai kemacetan di jalan tol.

“Semoga di tahun ini kepadatan yang mungkin akan terjadi di jalur tol itu bisa kita pecah artinya banyak jalur alternatif yang bisa dinikmati oleh masyarakat pada saat arus mudik yang penting sesuai, aman dan nyaman,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: