Anggota DPR Nilai LRT Jabodebek Layak Operasi Pertengahan 2023

Anggota DPR Nilai LRT Jabodebek Layak Operasi Pertengahan 2023

Anggota DPR RI melihat pengoperasian LRT.-ist-

Sementara itu, Jokowi mentargetkan pada sekitar Juni atau Juli 2023 mendatang, moda angkutan light rail transit atau lintas rel terpadu (LRT) dapat beroperasi melayani masyarakat. 

BACA JUGA:Diam-Diam Rian Mahendra bin Haryanto Temui Bos PO Lorena, Ada Kesepakatan Buka Trayek?

BACA JUGA:Akhirnya Norma Risma Polisikan Ibu Kandung Atas Dugaan Perzinahan Dengan Mantan Suaminya

Pada saat ini, perkembangan pembangunan moda angkutan massal tersebut sudah mencapai sekitar 87 persen. 

Pembangunan menyisakan sejumlah fasilitas depo hingga hal yang berkaitan dengan sinkronisasi sistem. 

"Saat ini baru selesai 87 persen, masih harus deponya diselesaikan dan hal kecil-kecil lainnya, khususnya yang berkaitan dengan sinkronisasi sistem," tukas Jokowi.

Diketahui, LRT Jabodebek sendiri nantinya akan dioperasikan menggunakan sistem tanpa masinis atau Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) Level 3.

Sistem tersebut sudah mendapat sertifikasi dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) yaitu pengoperasian kereta berbasis komunikasi.

Alhasil, sistem dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal secara otomatis serta disupervisi juga secara otomatis dari pusat kendali operasi.

BACA JUGA:Cek Cara Beli BBM Pertalite dan Solar Terbaru per 6 Februari 2023, Pakai QR Code dan Berikut Langkahnya

BACA JUGA:Polisi Tunggu Hasil Autopsi Korban Serial Killer

Meski tanpa masinis, tetap ada petugas yang disebut Train Attendant yang bertugas memberikan pelayanan kepada pelanggan dan jika dibutuhkan untuk penanganan dalam kondisi darurat.

LRT Jabodebek bakal mengoperasikan 31 rangkaian dimana setiap rangkaian terdiri dari 6 kereta. Dengan kapasitas tersebut. LRT Jabodetabek mampu mengangkut penumpang hingga 1.308 orang. 

Nantinya LRT Jabodebek diproyeksikan rata-rata akan melayani rute 18 stasiun diantaranya yaitu Stasiun Harjamukti, Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya Bekasi Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: