Anggota DPR Nilai LRT Jabodebek Layak Operasi Pertengahan 2023

Anggota DPR Nilai LRT Jabodebek Layak Operasi Pertengahan 2023

Anggota DPR RI melihat pengoperasian LRT.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Moda transportasi massal Light Rail Transit (LRT) Jalur Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) diperkirakan sudah bisa beroperasi pada pertengahan tahun 2023 ini.

Dengan operasinya LRT Jabodebek nantinya, menurut Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi bakal dapat sebagai solusi untuk mengatasi kemacetan di wilayah Jabodebek.

Pihaknya, ungkap Intan, sudah melihat kesiapan LRT secara langsung dengan mencoba naik LRT rute Stasiun Harjamukti-TMII (pulang pergi) dan Stasiun Harjamukti-Ciracas (pulang pergi) pada Jumat 27 Januari 2023.

BACA JUGA:Gembira Naik Kereta Tanpa Masinis, Jokowi Ingin LRT Jabodetabek Resmi Operasi Juli 2023

BACA JUGA:Jangan Salah Paham! Beli BBM Wajib Pakai QR Code Berlaku Bagi Kendaraan Terkena Pembatasan dan di Wilayah Ini

"Sudah terlihat siap dan rapi dengan komponennya dari dalam negeri baik yang ada di kereta maupun di stasiun. Jadi saya lihat, target dioperasikannya LRT pada pertengahan tahun 2023 akan dapat terealisasi," ujar Intan.

Ia juga mengapresiasi mitra-mitra kerja BUMN seperti PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero), PT ADHI Karya (Persero) Tbk dan PT KAI (Persero) yang mengedepankan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam pembangunan LRT Jabodebek.

"Tentu kami bergembira apresiasi bahwa ketiga BUMN yaitu PT ADHI Karya (Persero) yang membangun stasiun dan kawasannya, kemudian PT INKA (Persero) membangun kereta dan komponen TKDN-nya sudah 40 persen, bertahap akan meningkat. Kemudian yang mengoperasikan dan investornya adalah PT KAI (Persero)," puji Intan.

Politisi Fraksi PAN ini mengharapkan LRT Jabodebek akan segera Break Even Point dimana total pengoperasian diberikan kepada PT KAI (Persero) selama 50 tahun.

"Kita harapkan, LRT Jabodebek ini tentunya bukan hanya menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan tapi juga aman nyaman dan juga bagaimana bisa diakses oleh warga dengan harga tiket yang rasional," kata Intan.

Belum lama ini, Senin 26 Desember 2022, Presiden Joko Widodo mersmikan stasiun Manggarai Tahap I, Jakarta, dan mengungkapkan rasa bangganya terhadap produk kereta buatan PT INKA yang sudah modern tanpa masinis. 

BACA JUGA:Siap-Siap, Sepeda Motor Juga Wajib Bayar di 25 Jalan DKI Jakarta Ini

BACA JUGA:Meski Sudah Jujur Bharada E Tetap Dituntut 12 Tahun Penjara, Berikut Pengakuan Jaksa

Menurut Jokowi, kereta buatan PT INKA ini tentunya layak dipergunakan bagi moda angkutan massal light rail transit atau lintas rel terpadu (LRT). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: