Startegi Pemprov DKI Jakarta Tangani Stunting dan Kemiskinan Ekstrem

Startegi Pemprov DKI Jakarta Tangani Stunting dan Kemiskinan Ekstrem

Ilustrasi Stunting--

JAKARTA, DISWAY.ID - Jumlah kemiskinan ekstrem dan stunting di Jakarta masih tergolong tinggi.

Berbagai upaya akan dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta guna menekan angka stunting dan kemiskinan ekstrem yang salah satunya yaitu melakukan pendekatan. 

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya bakal melakukan beberapa pendekatan untuk menekan kemiskinan ekstrem dan penanganan stunting di Ibu Kota.

BACA JUGA:Wanita Dalam Audi A8 Tabrak Lari Bukan Istri Polisi: Hanya Teman Wanita

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Sarapan Roti Gandum Setiap Pagi, Tambah Energi Hingga Meningkatkan Konsentrasi

Atika Nur Rahmania dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta mengatakan pendekatan tersebut dilakukan dengan dua cara yaitu pendekatan secara preventif dam pendekatan secara kuratif.

"Tentunya pendekatan secara preventif dan juga untuk yang sudah diidentifikasi sebagai stunted itu juga harus dilakukan pendekatan kuratif," ujar Atikah kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin 30 Januari 2023.

Atikah menjelaskan setelah itu pihaknya juga bakal melakukan proffiling terhadap masyarakat di DKI.

BACA JUGA:Jaksa Sebut Penasihat Hukum Richard Eliezer Keliru dalam Menafsirkan Perbuatan Terdakwa

BACA JUGA:Katalog Promo Superindo Terbaru Hari Ini, Selasa 31 Januari 2023: Ada Promo Minyak Awal Minggu!

Selanjutnya, Pemprov DKI bakal melakukan penggambaran setiap warga guna melakukan intervensi yang tepat sesuai kebutuhan warga.

Dalam strategi nasional, kata dia, sudah ditentukan beberapa target yang harus diintervensi.

"Arahan terkait penanganan stunting tentunya adalah penetapan data sasaran yang tepat sehingga kita dapat melakukan profiling yang tepat terhadap dara stunting itu sendiri. Kemudian dari profiling itu baru kita bisa lakukan intervensi secara lebih tepat terhadap sasaran tersebut," katanya.

"Inilah yang kemudian kita lakukan dengan penetapan data sasaran melalui berbagai kesepakatan definisi operasional baik dari kemiskinan ekstrem maupun dari stunting dan juga menetapkan overlay berbagai data untuk bisa memastikan treatment atau program intervensi yang tepat," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: