Kapolri Ingatkan Kursus Manajemen Pengamanan Stadion Bisa Diaplikasikan

Kapolri Ingatkan Kursus Manajemen Pengamanan Stadion Bisa Diaplikasikan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menutup Kursus Manajemen Pengamanan Stadion di aula Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 1 Februari 2023.

Kursus ini dilaksanakan selama 9 hari, mulai 25 Januari sampai dengan 2 Februari 2023 di di Hotel Century dan dengan pemateri dari Conventry University Inggris.

"Sembilan hari telah melakukan kegiatan pelatihan stadium untuk persiapan pengamanan bola, jadi sebagaimana komitmen Polri bahwa Polri akan terus melaksanakan peningkatan kualitas dari pengamanan, khususnya terkait dengan penyelenggaraan kompetisi besar, khususnya sepakbola," kata Listyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 1 Februari 2023.

BACA JUGA:Kapolri Minta Kasus Pelemparan Bus Persis Solo Diusut Tuntas

Kursus ini diikuti sebanyak 66 orang, terdiri atas 34 karo ops polda jajaran dari satker Mabes Polri sebanyak 22 orang. 

Eks Kabareskrim Polri ini mengatakan peserta kurus berasal dari semua satuan kerja (satker) seperti Itwasum, Baintelkam, Lemdiklat, Korp Brimob, Sops, Korlantas, Divpam Ovit, Divpropam, dan Divhumas.

Peserta lainnya dari kementerian/lembaga penyelenggaraan kompetisi sepak bola seperti Kemenpora, PUPR, Kemenkes, PSSI, dan PT LIB.

"Kami berharap rekan-rekan yang terlibat dalam manajemen pengamanan stadion ini bisa menyerap apa yang disampaikan para instruktur dan bisa diaplikasikan, sehingga penyelenggaraan bidang keamanan olahraga, khususnya sepak bola, bisa dilaksanakan dengan baik," kata Listyo dalam arahannya.

Lebih lanjut, Jenderal bintang empat ini mengatakan kursus manajemen ini merupakan bentuk salah satu upaya kepolisian dalam memperbaiki manajemen pengamanan stadion.

Ia mengatakan hal tersebut dilakukan agar tragedi seperti Kanjuruhan tak lagi terjadi. 

BACA JUGA:Resmi! Harga BBM Pertamina Naik per 1 Februari 2023, SPBU Mulai Jual Biodiesel B35, Cek Daftar Lengkapnya

"Ini menjadi hal baru karena terus terang beberapa waktu yang lalu minim anggota kami yang paham terkait dengan aturan-aturan itu. Dengan adanya peristiwa tersebut, mau tidak mau kami harus segera melakukan perubahan dan percepatan," kata Listyo.

Menurut Listyo, upaya perbaikan ini tidak hanya berhenti sampai di sini, Polri terus meningkatkan kemampuannya, salah satunya dengan menyelenggarakan kursus manajemen pengamanan stadion dalam rangka meningkatkan kemampuan SDM Polri.

"Ini menjadi komitmen kepolisian dan seluruh penyelenggara serta pencinta bola untuk terus menangkap dan mempersiapkan SDM agar siap menyelenggarakan kompetisi, baik dalam negeri maupun internasional, dengan mewujudkan penyelenggaraan sepak bola sesuai dengan standar FIFA," kata Listyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: