Ford dan Audi Resmi Comeback ke Formula 1 Tahun 2026, Dukung Pengembangan Bahan Bakar Berkelanjutan

Ford dan Audi Resmi Comeback ke Formula 1 Tahun 2026, Dukung Pengembangan Bahan Bakar Berkelanjutan

Ford resmi akan kembali ke Formula 1-Foto/Ford-

Inilah alasan kuat Ford untuk kembali memasuki Formula 1.

“Kami percaya bahwa olahraga kami memberikan kesempatan dan jangkauan yang tidak seperti yang lain dan kami tidak sabar menunggu logo Ford terpajang di sirkuit ikonik F1 mulai tahun 2026,” jelas pria berkebangsaan Italia.

Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem menambahkan, ada beberapa pabrikan yang memiliki sejarah motorsport seperti Ford, jadi melihat mereka kembali ke Kejuaraan Dunia Formula 1 FIA adalah berita yang sangat baik.

“Ini lebih lanjut menggarisbawahi keberhasilan Regulasi Unit Daya 2026 yang pada intinya memiliki komitmen terhadap keberlanjutan dan tontonan, dan tentu saja memiliki lebih banyak minat dari Amerika Serikat penting untuk kelanjutan pertumbuhan kategori motorsport top di dunia,” jelasnya.

BACA JUGA:Berlaku Penggunaan QR Code untuk Pengisian BBM Subsidi, Cek Daftar Harga Terbaru Pertalite-Solar di SPBU Hari Ini, 6 Februari 2023

Keterlibatan Ford di F1 dimulai sejak tahun 1960-an dan mesin DFV (Double Four Valve), dibangun dalam kemitraan dengan perusahaan teknik Inggris Cosworth, yang meraih 155 kemenangan dari 262 balapan antara tahun 1967 dan 1985 (termasuk beberapa desain varian).

Dari kemenangan gelar pertama mereka dengan Graham Hill dan Lotus pada tahun 1968 hingga yang terbaru dengan Michael Schumacher dan Benetton pada tahun 1994, Ford telah memenangkan 10 Juara konstruksi dan 13 juara bagi pembalap.

Hal tersebut menjadikan Ford sebagai produsen mesin tersukses ketiga dalam sejarah F1.

Sekitar 20 tahun setelah partisipasi terakhir mereka pada tahun 2004, daya tarik peraturan mesin masa depan F1 yang menampilkan peningkatan tenaga listrik dan 100% nol bahan bakar berkelanjutan akan membuat Ford sekali lagi menghiasi grid pada tahun 2026.

BACA JUGA:Layanan Sertifikat Halal Gratis Tersedia di Pameran 1 Abad NU GOR Delta Sidoarjo

Pengumuman Ford ini mengikuti rencana Audi untuk memasuki F1 mulai tahun 2026, dengan pabrikan Jerman itu yang minggu ini mengakuisisi saham minoritas Sauber yang akan menjadi tim kerja mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: