Polri: Anton Gobay 3 Kali Coba Selundupkan Senjata, Selalu Gagal

Polri: Anton Gobay 3 Kali Coba Selundupkan Senjata, Selalu Gagal

kolase: Anton Gobay ditangkap otoritas Filipina (kiri), Anton Gobay berseragam Pilot.-Facebook-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti mengatakan jika Anton Gobay, pilot WNI yang ditangkap di Filipina sempat tiga kali melakukan upaya penyelundupan senjata api (senpi) ilegal ke Indonesia.

Namun, kata dia, semua upaya Anton Gobay tersebut gagal. 

"Belum, dia tiga kali upaya ya semuanya gagal," kata Krishna saat ditanya apakah Anton pernah berhasil menyelundupkan senpi ke Indonesia, saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 9 Februari 2023.

BACA JUGA:Anton Gobay Segera Diadili Terkait Kasus Jual Beli Senjata Api Ilegal di Filipina

BACA JUGA:JPU Tegaskan Irfan Widyanto Terkait Kasus Perintangan Penyidikan Pembunuhan Brigadir J Mencoreng Citra Polri

Krishna mengatakan saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah kepolisian di beberapa negara guna memperketat pencegahan penyelundupan senjata.

"Kami sudah beberapa kali melakukan upaya-upaya dengan kepolisian negara lain dengan upaya mencegah penyelundupan senjata dari luar ke Indonesia untuk hal-hal yang membahayakan terutama dilakukan oleh kelompok-kelompok kriminal," jelasnya.

Lebih lanjut, jenderal bintang dua itu mengatakan Anton Gobay selalu menyasar untuk mengirimkan senjata ke Papua.

"Terkait dengan di mana akan dikirim, confirm yang bersangkutan akan mengirimkan ke Papua. Terkait dengan dananya dari mana itu sebagai bahan informasi intelijen yang kalau informasi intelijen dikecualikan tidak bisa diungkap di publik," tutur Krishna.

BACA JUGA:Terungkap Alasan Erma Diturunkan Jabatannya Usai Viral Video 'Pabrik Elit Bayar Lembur Syulit'

BACA JUGA:Bareskrim Polri Kembali Selidiki Kasus Indosurya, Ini Pidana yang Diusut

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, Anton Gobay membeli senpi itu untuk dijual kembali di Tanah Papua dengan harga tinggi.

"Tujuan AG membeli senjata api yaitu aspek bisnis karena penjualan senjata api sangat menjanjikan di Papua. AG menyampaikan apabila senjata api tersebut berhasil lolos masuk ke Papua, maka akan menjual kepada siapapun yang sanggup membeli dengan harga tertinggi," kata Dedi dalam keterangannya, Minggu, 15 Januari 2023.

Anton Gobay merasa sebagai putra Papua dan ingin mendukung perjuangan rakyat Papua untuk merdeka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: