BNPB Serahkan Bantuan Rp 1 Miliar Penanganan Bencana Gempa Kota Jayapura

BNPB Serahkan Bantuan Rp 1 Miliar Penanganan Bencana Gempa Kota Jayapura

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan dana total senilai Rp1 Miliar untuk korban gempa M5,4 di Kota Jayapura, Papua yang terjadi pada 9 Februari 2023 lalu.-YouTube/BNPB-

JAKARTA, DISWAY.ID-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan dana total senilai Rp1 Miliar untuk korban gempa M5,4 di Kota Jayapura, Papua yang terjadi pada 9 Februari 2023 lalu.

Deputi Penanggulangan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan merinci bantuan tersebut terdiri dari Dana Siap Pakai ( DSP ) sebesar Rp750 juta dan bantuan logistik peralatan senilai Rp250 juta serta santunan kepada keluarga korban.

“Selain itu, kami juga akan menyerahkan 3.000 lembar selimut dan tikar 3.000 lembar dan lima unit tenda yang saat ini sedang dalam proses pengiriman untuk penanganan bantuan gempa di Jayapura,” kata dia dalam konferensi pers di YouTube BNPB, Sabtu, 11 Februari 2023.

BACA JUGA:4 Orang Meninggal, 2.136 Jiwa Mengungsi Terdampak Gempa Jayapura

Fajar menuturkan, bantuan dana siap pakai akan digunakan untuk operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pemerintah provinsi, dan TNI-Polri untuk penanganan bencana. 

Sedangkan bantuan makanan diberikan kepada masyarakat terdampak gempa bumi yang tengah membutuhkan pertolongan.

Pada kesempatan itu, Fajar menjelaskan bahwa pemberian bantuan ini merupakan bukti nyata pemerintah hadir untuk penanganan gempa Jayapura.

"Mudah-mudahan bisa meringankan kesusahan teman-teman kita saudara kita yang terdampak, mohon kiranya diterima," ucap Fajar.

BACA JUGA:Pengungsi Korban Gempa Papua Makin Bertambah Menjadi 2.136 Jiwa

BACA JUGA:Fakta-fakta Pesawat Susi Air Dibakar KKB di Papua, Ada Penumpang yang Masih Balita

Untuk diketahui, wilayah Jayapura, Papua mengalami gempa berkekuatan 5,4. Imbas gempa tersebut, sebanyak 2.136 jiwa mengungsi. 

"Jumlah pengungsi pasca gempa bumi M 5,4 Kota Jayapura bertambah menjadi 2.136 jiwa," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam siaran pers, Jumat.

Dengan rincian; 50 KK mengungsi di Kompleks CV Thomas; 50 KK di Bank BTN Kota Jayapura; 200 jiwa di Kristus Raja Dok V; 400 jiwa di Bhayangkara I; dan 300 jiwa di B-One.

Selanjutnya, ada 110 jiwa di depan kantor Depnaker, 125 jiwa di TPI Hamadi, 65 jiwa di lingkungan Bhayangkari Baru, 100 jiwa di Kantor Lurah Hamadi, 50 jiwa di sanak keluarga, dan 40 jiwa di kantor United Traktor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: