Polri : Proses Evakuasi Helikopter Rombongan Kapolda Jambi Gunakan Metode Hoist

Polri : Proses Evakuasi Helikopter Rombongan Kapolda Jambi Gunakan Metode Hoist

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan hingga saat ini penyidik juga masih memintai keterangan dari pihak penyelenggara konser Coldplay.-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengungkapkan, proses evakuasi helikopter yang membawa Kapolda Jambi menggunakan metode Hoist atau alat bantu angkat beban dengan teknik rapling. 

"Proses evakuasi disampaikan menggunakan metode hoist atau alat bantu angkat beban dengan menggunakan teknik rapling. Jadi tali dari helikopter kebawah dan ditarik ke atas," kata Ramadhan di Mabes Polri, Selasa 21 Februari 2023.

Jenderal bintang satu itu mengungkapkan saat ini telah ada ada empat korban helikopter yang mendarat darurat di Gunung Kerinci berhasil dievakuasi menggunakan metode Hoist. 

BACA JUGA:Kapolda Jambi Minta Anak Buahnya Dievakuasi Lebih Dulu dari Gunung Kerinci

Jenderal bintang satu itu mengungkapkan jika proses evakuasi itu dilakukan secara dua tahap. 

"Yang pertama pukul 14.27 di mana tim dengan menggunakan heli milik Polri telah berhasil mengevakuasi 2 korban yang pertama adalah, Copilot AKP Amos Sitompul, kedua ADC Kapolda Briptu Aditya," lanjut dia. 

Dia menjelaskan untuk proses evakuasi tahap kedua dilakukan pada pukul 15.00 waktu setempat. 

"Kedua pada pukul 15.00 dengan menggunakan helikopter milik polri telah berhasil mengevakuasi 2 korban lagi yaitu Dirkrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yudhistira, kemudian Dirpolair Polda Jambi, Kombes Pol Michael Mumbunan," ujar dia. 

BACA JUGA:4 Penumpang Helikopter Mendarat Darurat di Gunung Kerinci Berhasil Dievakuasi!

BACA JUGA:Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi di Hutan Kerinci Pakai 4 Helikopter, Fokus Utama 4 Korban

Ramadhan mengatakan untuk Kapolda Jambi sendiri yaitu Irjen Pol Rusdi Hartono saat ini belum dievakuasi karena dirinya mendahulukan anak buahnya.

“Perlu saya sampaikan bahwa Kapolda Jambi mengutamakan anak buahnya dulu atau anggota yang dievakuasi,” ucap Ramadan.

Keempat korban yang berhasil dievakuasi itu dibawa terlebih dahulu ke pos daerah Merangin untuk dilakukan penanganan awal sebelum dibawa ke RS Bhayangkara Jambi.

“Perkiraan jarak atau waktu dari Merangin ke RS Bhayangkara Jambi membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dengan menggunakan transportasi udara atau helikopter,” kata Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: